get app
inews
Aa Read Next : Unnes Kukuhkan 6 Profesor, Ini Profilnya

TGB HM Zainul Majdi Kecam Aksi Bom Bunuh Diri: Teroris Tak Ada Tempat di Indonesia

Kamis, 08 Desember 2022 | 19:20 WIB
header img
Tuan Guru Bajang HM Zainul Majdi. Foto : ist

MATARAM, iNewsSemarang.id - Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Indonesia Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi mengecam aksi bom bunuh di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat pada Rabu (7/12/2022) pagi.

Tindakan bom bunuh diri yang mengakibatkan dua orang meninggal dunia tersebut tidak dibenarkan dalam agama manapun. Ketua Umum Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyah (NWDI) itu juga menyatakan bahwa dari sudut pandangan agama Islam, Nabi Muhammad SAW melarang keras.

TGB menjelaskan, bahwa Rasulullah Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam (SAW) lebih dari satu kesempatan menekankan seorang Muslim harus menjaga (keselamatan) dirinya, termasuk juga orang di sekelilingnya.

"Oleh sebab itu, segala hal yang membuat orang lain terganggu kenyamanan, keamanan, apalagi hidupnya, itu bertentangan dengan Islam. Saya yakin agama lain juga begitu. Oleh karena itu, di Indonesia yang subur dengan nilai agama tak memiliki tempat untuk terorisme," kata TGB.

Ketua Harian Nasional Partai Perindo itu mengatakan, aksi bom bunuh diri yang dilakukan di kantor polisi tersebut juga bertentangan dengan nilai yang dianut, baik agama, kebangsaan maupun kemanusiaan.

"Kita di Indonesia disemai dengan nilai mulia, di antaranya adalah persaudaraan dan kemanusiaan. Semua nilai itu dinafikan dengan pemboman itu," katanya.

TGB meminta seluruh perangkat negara dan komponen masyarakat untuk mengambil langkah yang diperlukan agar tidak terjadi kembali aksi pengeboman seperti itu.

Doktor Ahli Tafsir Alquran itu juga mengajak semua elemen di Indonesia menyuarakan penolakan pada aksi bom bunuh diri. Perangkat negara juga harus menjalankan tugasnya secara maksimal dan memberikan proteksi kepada warga negara.

"Berikan rasa aman dan menindak tegas yang memang nyata-nyata memenuhi unsur delik terorisme. Kalau sudah nyata pasal terorisme segera ditindak tegas, " kata TGB.

Ia juga menyampaikan belasungkawa kepada para korban meninggal dunia maupun luka-luka akibat bom bunuh diri.

TGB menyebut Aiptu Anumerta Sofyan, anggota polisi yang meninggal dunia dalam peristiwa bom bunuh diri di Mapolsek Astanaanyar, adalah seorang pahlawan dan meninggal syahid. (mg arif)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut