get app
inews
Aa Read Next : Kisah Muntahir, Kakek 85 Tahun Naik Haji usai Menabung Uang Hasil Parkir Motor Sejak 2012

Beasiswa Indonesia Bangkit Kemenag - LPDP, Jalan Terang menuju Indonesia Emas 2045

Rabu, 14 Desember 2022 | 15:26 WIB
header img
Ahmad Baedowi, Mahasiswa S3 Penerima BIB UIN Walisongo Semarang

Hal itu terlihat dari hasil pemeringkatan dari world population review 2021 yang menempatkan negeri ini pada peringkat ke-54 dari 78 negara yang masuk dalam pemeringkatan pendidikan dunia. Indonesia masih kalah ketimbang negara serumpun Asia Tenggara, yaitu Singapura di posisi 21, Malaysia 38, dan Thailand 46. Begitupun, berdasarkan Human Development Index (HDI), Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS), Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS), serta Programme for International Student Assessment (PISA), peringkat Indonesia berada pada posisi menengah bawah hingga rendah.

Lebih memprihatinkan lagi jika kualitas pendidikan Indonesia dilihat dari sisi karakter. Masih banyak perilaku yang tidak baik yang menjalar ke semua kalangan, Indikator tersebut menunjukkan, masih banyaknya pekerjaan rumah di sektor pendidikan yang harus diselesaikan bangsa Indonesia. Itu artinya, pekerjaan rumah negeri ini untuk mengejar ketertinggalan di sektor pendidikan sangat urgen untuk diperhatikan. Terlebih, mewujudkan pendidikan menuju Indonesia Emas 2045.

Untuk mengurai benang kusut tersebut, diperlukan keseriusan pemerintah untuk mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan. Alokasi 20% dana APBN/APBD untuk sektor pendidikan merupakan angka sangat besar sesuai dengan amanah UU Sistem Pendidikan Nasional. Maka, sudah semestinya negeri ini bisa mengatasi ketertinggalan kualitas pendidikan bangsa ini agar sejajar dengan bangsa lainnya, minimal dalam rumpun Asia Tenggara.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut