get app
inews
Aa Read Next : Kendaraan ke Jakarta Membeludak, One Way Diperpanjang hingga Ruas Tol Semarang-Solo

21,5 Juta Pemudik Diprediksi Masuk Jateng selama Nataru, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Rabu, 21 Desember 2022 | 10:49 WIB
header img
Gerbang Tol Kalikangkung di Ngaliyan Semarang, menjadi pintu masuk pemudik dari arah Jakarta. Foto : Arif Purniawan

SEMARANG,iNewsSemarang.id-  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan sekitar 21,5 juta pemudik akan masuk ke Jawa Tengah pada arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru). Puncak arus balik diprediksi terjadi pada tanggal 30 dan 31 Desember 2022 serta tanggal 1 Januari 2023.

Ditlantas Polda Jateng telah menyiapkan berbagai skenario dan rekayasa lalu lintas (lalin) apabila terjadi kepadatan kendaraan di antaranya dengan sistem one way (satu jalur) dan kontra flow lokal (melawan arus).

“Untuk jalur yang dilewati arus mudik serta arus balik natal dan tahun baru ada 5 jalur, diantaranya adalah tol, arteri (pantura), jalur tengah, jalur selatan dan jalur pantai selatan,” kata Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, Selasa (20/12/2022).

Pihaknya juga telah mengelola dan menyiapkan semua jalur tersebut agar bisa digunakan oleh masyarakat.

 “Termasuk menyiapkan rekayasa dan skenario manakala terjadi kepadatan arus dari barat yang menuju jawa tengah maka akan dilakukan sistem one way, kontra flow termasuk pengalihan arus,” katanya

Untuk mengantisipasi kepadatan arus, khusus dari Kota Semarang menuju Solo pada H-2 atau tanggal 23 akan disiapkan one way lokal serta kontra flow lokal. Termasuk pada jalur-jalur yang menuju ke destinasi wisata.

 “Untuk pelaksanaan one way lokal dan kontra flow lokal nanti petugas dilapangan akan menghitung jumlah rasio kendaraan, kapasitas dan panjangnya jalan. Jika nanti ada penumpukan arus, kita akan lakukan one way ataupun pengalihan arus,” ujarnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut