get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Ekonomi Fluktuatif, Harga Beras Bisa Tembus Rp30.000 per Kg

Harga Kedelai Melambung Tinggi, Mendag Sebut Itu Salah Bulog

Senin, 16 Januari 2023 | 12:52 WIB
header img
Mendag Salahkan Bulog soal Kenaikan Harga Kedelai (foto: MNC Media)

CILEGON, iNewsSemarang.id - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyebutkan, bahwa harga kedelai di pasaran masih belum bisa dikendalikan oleh pemerintah. Hingga saat ini harga kedelai masih melambung tinggi

Menurut Zulkifli hal ini disebabkan belum terealisasikannya kesepakatan dalam Rapat Terbatas (Ratas) November 2022 lalu, antara Mendag dengan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) terkait impor kedelai. 

"Memang kemarin kami sudah menugaskan Bulog untuk impor 350.000 ton kedelai. (Asumsinya) Kira-kira 40 hari hingga 50 hari barangnya sudah akan sampai, sehingga diharapkan setelahnya harga bisa turun ke Rp11.000 per kilogram," ujar Zulkifli, di Cilegon, Banten, Minggu (15/1/2023).

Menurut Zulkifli terkait rencana impor yang sudah dibicarakan, hingga saat ini belum juga terlaksana oleh Bulog dengan berbagai alasannya. Tetapi, dengan kesepakatan dalam rapat bahwa semuanya sudah masuk kedalam penugasan, maka menurut Mendag, Bulog lah pihak yang seharusnya disalahkan dalam permasalahan ini. 

"Waktu itu Bulog sudah menyatakan siap (melakukan) impor, dari November, Desember, masih nggak nongol-nongol juga," tutur Zulkifli.

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut