get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan: Buah Tropis Indonesia Sumber Kebahagiaan dan Kebijaksanaan

Kamis, 28 April 2022 | 16:57 WIB
header img
buah tropis melimpah di Indonesia. (foto: Pixabay)

Penulis: Arnia Sari Mukaromah, M.Sc.*

SEMARANG.iNewsSemarang.id - Kebahagiaan adalah hal yang paling dicari namun terkadang setelah didapat sulit untuk dipertahankan. Pernahkah kita bertanya dimana kebahagiaan itu? Apakah bentuk dari kebahagiaan? dan Bagaimana cara kita meraihnya? Sebetulnya jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut mudah yaitu rasa syukur.

Dalam QS. Ibrahim ayat 7 Allah telah berfirman yang artinya “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat pedih.”

Bersyukur atas apa yang telah diciptakan Allah SWT untuk kita dari lingkungan sekitar adalah cara termudah untuk menemukan kebahagiaan. Dalam QS. Al-An’am ayat 99 dan QS. An-Nahl ayat 11 juga dijelaskan bahwa Allah telah menciptakan beraneka ragam buah-buahan dan manusia diminta untuk memperhatikannya saat berbuah dan menjadi masak. 

Apabila tanda kebesaran Allah SWT ini dikaitkan dengan keanekaragaman kandungan senyawa selama proses pemasakan buah-buah tropis Indonesia, begitu mudahnya manusia akan bersyukur dan menjadi bijaksana terutama saat bulan puasa ramadhan.

Buah tropis Indonesia seakan menjadi primadona menu berbuka puasa selama bulan puasa ramadhan. Populer di kalangan masyarakat akan kesegaran, rasa manis dan aromanya menjadikan buah-buahan menjadi menu wajib yang ada di tepi jalan, restoran ataupun rumah. Tekstur, rasa dan aroma menjadi faktor penentu masyarakat membeli suatu jenis buah tertentu, seperti mangga, nanas dan manggis. 

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut