get app
inews
Aa Read Next : 5 Makanan Ini Wajib Dikonsumsi agar Tetap Sehat Hadapi Suhu Panas Ekstrem

Mudah, 6 Ide Sarapan Sehat untuk Penderita Penyakit Jantung

Sabtu, 04 Februari 2023 | 11:20 WIB
header img
makanan sehat untuk penderita penyakit jantung oatmeal

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Sudah banyak diketahui khalayak jika makanan yang dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung tidak boleh sembarangan. Pasalnya, jika Anda ingin melindungi jantung dan terhindar penyakit kardiovaskular, semuanya harus dimulai dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Lalu, makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung? 

Berikut adalah beberapa ide masakan yang enak dan sehat bagi penderita penyakit jantung:

1. Oatmeal
Trista Best, dari Balance One Supplements mengatakan, oatmeal merupakan salah satu sarapan sehat yang bisa Anda pilih karena kandungan seratnya yang tinggi dan nutrisi yang menyehatkan jantung seperti vitamin B, zat besi, dan magnesium.

 
"Serat membantu mengurangi kolesterol dengan mengikatnya dan mengeluarkannya dari tubuh. Dan juga memberi makan bakteri baik di usus, yang dapat membantu menjaga area kesehatan lainnya seperti berat badan, glukosa, dan peradangan yang akan memperburuk potensi kondisi jantung,” ujar Best, seperti dikutip laman Eatthis, Jumat, (3/2/2023).

Untuk membuat oatmeal Anda sesehat mungkin, Best merekomendasikan penggunaan oat polos dan menambahkan topping sehat seperti kacang atau buah.


2.  Omelet sayuran
Saat Anda mengonsumsi omelet sayuran, bukan hanya protein dari telur yang Anda dapatkan, tetapi Anda juga akan mendapatkan banyak serat dari sayuran seperti jamur, paprika, bawang, dan bayam. Tidak menggunakan bacon atau sosis dalam omelet atau telur dadar Anda adalah kunci sehat bagi mereka yang berisiko terkena penyakit jantung.

Sebuah studi dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa makan daging olahan (bacon, sosis, atau daging deli) dikaitkan dengan risiko 42% lebih tinggi terkena penyakit jantung serta 19% peningkatan risiko diabetes.


3. Roti gandum panggang alpukat
Caranya, iris beberapa alpukat, haluskan, dan taruh di atas sepotong roti gandum panggang. Jika Anda ingin lebih menambah cita rasa, taburi roti bakar alpukat Anda dengan hiasan seperti biji wijen, daun bawang, lobak, irisan tomat ceri, kacang cincang, atau bahkan telur rebus.

4. Puding Biji Chia
Biji chia adalah sumber lemak, protein, dan serat yang sehat, sehingga bisa menjadi bahan utama yang sehat untuk membuat puding. Caranya, campir biji chia dengan susu (sekitar 2 biji per setengah cangkir susu), diamkan selama beberapa menit, aduk lagi, lalu dinginkan semalaman agar mengental. Campurkan perasa favorit Anda seperti vanila atau kayu manis dan taburi dengan buah segar, beri, atau kelapa parut tanpa pemanis.

5. Buah beri
Berbagai macam buah beri kaya dengan kandungan antioksidan yang menyehatkan jantung. Polifenol dalam buah beri terbukti memiliki efek melindungi jantung, dan folat yang ditemukan dalam buah beri telah terbukti mengurangi kadar homosistein, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Belum lagi zat besi yang ditemukan dalam banyak buah beri sangat diperlukan untuk aliran dan produksi darah yang sehat, yang juga penting untuk kesehatan jantung.

6. Pancake pisang
Anda bisa menyajikan sarapan pancake sehat tanpa biji-bijian tanpa tambahan gula. Cukup sajikan dengan sirup maple dan yogurt atau keju ricotta untuk menambah protein.


Itulah beberapa makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi penderita penyakit jantung.


(Mg/Fitri Arifah)
 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut