get app
inews
Aa Read Next : Hati-Hati, 5 Hal Ini Bisa Picu Gula Darah Naik

Jangan Sembarangan, Ini 5 Makanan Enak dan Sehat untuk Pengidap Diabetes

Minggu, 05 Februari 2023 | 10:14 WIB
header img
makanan sehat untuk diabetes puding biji chia

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Bukan sembarangan, makanan yang hendak dikonsumsi pengidap diabetes harus terjaga dan sehat. Tak hanya sekedar enak dan mengenyangkan, tapi juga harus kaya akan protein, serat, lemak sehat, juga karbohidrat dalam jumlah rendah. 

Dilansir dari Healthline, Minggu (5/2/2023). Berikut adalah pilihan menu makanan sehat untuk pengidap diabetes:

1. Oatmeal
Meski oat punya jumlah karbohidrat yang relatif besar, oatmeal bisa menjadi pilihan yang baik.  Sebab bisa membantu menurunkan kadar gula darah dengan kandungan serat di dalamnya. Oat mengandung jenis serat khusus yang disebut beta-glukan, inilah yang sebagian besar memunculkan efek penurun gula darah dari oat.


Selain itu, beta-glukan membantu perut tetap kenyang lebih lama dengan mendorong pelepasan peptida di usus, yang menimbulkan rasa kenyang. Buat oatmeal lebih enak dan bergizi, dengan penambahan kayu manis, beri, kacang-kacangan, biji-bijian, atau Greek yogurt. 


2. Roti bakar alpukat multigrain
Alpukat punya serat dan asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantu mencegah gula darah naik terlalu tinggi setelah makan. Manfaat ini juga didukung oleh serat dari roti multigrain. Jika mau tambah kandungan protein dan lemaknya, bisa tambahkan telur. Sebagai alternatif, tambahkan sejumput garam dan merica atau sedikit saus cabai rendah karbohidrat untuk menambah rasa.

3. Telur
Dalam satu butir telur berukuran besar, setidaknya menyediakan sekitar 70 kalori dan 6 gram protein, serta mengandung kurang dari 1 gram karbohidrat. Suatu penelitian tahun 2018 menemukan bahwa orang diabetes yang mempertahankan gaya hidup sehat bisa mengonsumsi hingga tujuh butir telur per minggu. Sebagai alternatif, cobalah membuat telur dadar yang sehat dan lezat dengan berbagai sayuran seperti bayam, jamur, dan paprika.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut