get app
inews
Aa Read Next : Pelatih Uzbekistan Sebut Timnas Indonesia U-23 Bukan Tim Kaleng-Kaleng

Klarifikasi KSAD Dudung 2 Kali Absen Rapat TNI dan Komisi I DPR

Jum'at, 10 Februari 2023 | 06:50 WIB
header img
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman (foto: MPI)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman memberi klarifikasi dan penjelasan terkait alasannya tidak menghadiri rapat kerja TNI dengan Komisi I DPR RI beberapa waktu lalu. Apalagi, ini merupakan kali kedua dia absen dalam rapat tersebut.

KSAD Dudung mengatakan, dia sedang memenuhi undangan Korea Selatan dan Jepang sehingga tak bisa menghadiri pertemuan tersebut.

"Jadi begini ya, kalau negara luar itu sangat tertib. Jadi Korea maupun Jepang sudah mengundang saya dua kali. Bahkan Kepala Staf Angkatan Korea dan Jepang sudah datang ke tempat saya," ujarnya usai Rapat Pimpinan (Rapim) TNI di Museum Satria Mandala, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2023).

Sebelumnya, KSAD Dudung juga absen saat rapat bersama Komisi I DPR pada 5 September 2022.

"Di kita ini dinamikanya tinggi sehingga dua kali 'menggagalkan' eh bukan menggagalkan, jadi pernah mencancel kunjungan balik ke sana," katanya.

Menurut Dudung, dia merasa tak enak apabila tak memenuhi undangan negara tersebut. Sebab kata dia, Jepang dan Korea Selatan merupakan negara yang tertib.

"Nah sedangkan mereka itu tertibnya itu, apabila kita sudah ada jawaban kita akan ke sana, ditentukan tanggalnya, kemudian mereka langsung mengajukan anggaran ke Kementerian Pertahanan sehingga anggaran itu turun dari Kementerian atau negara," ucapnya.

"Kedua lagi ada kegiatan-kegiatan waktu di sini. Nah ketiganya mereka sangat memohon sekali untuk datang karena mengembalikan anggaran dua kali ke pemerintah. Kan itu tidak bagus bagi mereka. Nah itu dianggarkan di semester I bagi mereka. Akhirnya saya datang ke sana," ucapnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut