get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Kesehatan Kulit, Berikut Deretan Manfaat Buah Goji Berry

Sederet Kandungan Nutrisi di Ikan Lele yang Bermanfaat bagi Tubuh

Senin, 20 Februari 2023 | 16:53 WIB
header img
Nutrisi dalam ikan lele Foto: Ist

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Menjadi negara maritim tak berarti membuat seluruh penduduknya suka mengonsumsi daging ikan. Dari keterangan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) belum lama ini, menyebutkan masyarakat Indonesia masih cenderung lebih suka mengonsumsi daging sapi dibanding ikan.

Padahal, ada beberapa jenis ikan yang terbilang lebih murah daripada harga daging sapi. Misal saja ikan lele. Selain bisa jadi asupan makanan sehat bergizi, ternyata ikan lele juga berperan dalam  mencegah anak stunting karena kekurangan nutrisi.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan, Alodokterdan HelloSehat, Senin (20/2/2023).

Berikut adalah beberapa kandungan manfaat dalam ikan lele:

1. Sumber energi

Kandungan protein pada lele jadi sumber energi yang baik untuk menunjang aktivitas aktif anak. Bukan hanya memberikan energi, protein di sini juga berperan penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, seperti untuk otot, sistem imun, dan jadi bahan penyusun beragam hormon dan enzim tubuh.

Per 100 gram lele, terkandung sekitar 18 gram protein, sedangkan kebutuhan protein harian untuk anak berusia kurang dari 4 tahun hanya sebanyak 13 gram. Jadi, dengan membagi 100 gram ikan lele ini ke dalam tiga kali waktu makan anak saja, kebutuhan protein harian anak sudah bisa terpenuhi.

2. Asam lemak Omega-3

Ikan lele sarat dengan kandungan asam lemak Omega-3, dan komposisi asam amino lengkap, yang berfungsi untuk menunjang perkembangan mata, otak, dan jaringan syaraf.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut