get app
inews
Aa Read Next : Makin Lebar, Kerja Sama Kemenag dengan Central Queensland University Australia

Raker Diktis 2023, Kupas Tuntas Internasionalisasi hingga Peningkatan Mutu PTKI

Jum'at, 17 Maret 2023 | 13:30 WIB
header img
Rapat Kerja Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Tahun Anggaran 2023. Foto: Ist

SURABAYA, iNewsSemarang.id - Rapat Kerja Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Tahun Anggaran 2023 mengupas tentang internasionalisasi perguruan tinggi dan peningkatan mutu Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Raker yang mengusung tema “PTKI sebagai Kekuatan untuk Membangun Harmoni Bangsa menuju Harmoni Bangsa” diselenggarakan pada 13-15 Maret 2023 di Surabaya.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Prof. Dr. Nizar Ali, M.Ag membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya mengatakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) harus mampu bersaing dalam kancah nasional dan internasional.

“Riset dengan melahirkan riset-riset bertaraf internasional menjadi penting termasuk akreditasi prodi dan institusi secara Internasional," harap Nizar dihadapan Rektor/Ketua PTKI se-Indonesia. 

Nizar berharap melalui penelitian yang beragam dan berkelas akan menggenjot performa PTKI sejajar dengan Perguran Tinggi kelas dunia. Karenanya Nizar berharap penelitian harus berbasis output, pertanggungjawabannya bukan pada level kwitansi sebagai bentuk perjalanan dinas. 

Guru Besar UIN Sunan Kalijaga ini berharap agar riset, dapat mengantarkan PTKI pada upaya internasionalisasi perguruah tinggi. “Kita akan dorong penelitian dosen menjadi menarik dan manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," ujar Prof Nizar.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani mengatakan agar PTKIS bisa terus berbenah memenuhi kualifikasi akademik, kelembagaan dan sumber daya manusia di era persaingan.

Menurutnya, Raker kali ini harus menjadi momentum serius agar setiap PTKI menunjukan jati diri dan kualitasnya. “Sampai saat ini kita 

belum mempunyai PTKIS yang terakreditasi unggul, maka harus kita dorong terus, seridaknya akreditasi A untuk diperbanyak," harap Guru Besar UIn Bandung ini.

Saya mendapatkan laporan dari Direktur Diktis, Prof. Inung yang mengatakan bahwa PTKIN sudah on the track, namun PTKIS perlu banyak dibenahi,” tuturnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut