get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Semarang Gandeng KPK Cegah Korupsi Pengadaan Barang dan Jasa

Ditetapkan Jadi Tersangka Korupsi, Bupati Meranti Ditahan di Rutan KPK

Sabtu, 08 April 2023 | 10:33 WIB
header img
KPK menetapkan tiga tersangka dalam OTT di Kabupaten Meranti, Jumat (7/4/2023) malam. (Foto: MPI/Yonanes Tobing)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Bupati Kepulauan Meranti, M Adil alias MA resmi ditetapkan sebagai tersangka rasuah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (8/4/2023) malam. Kini, orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu ditahan di Rutan KPK.

Selain Adil, dua orang lainnya juga dijadikan tersangka oleh KPK dalam kasus yang sama. Kedua orang itu adalah FN (kepala BPKAD Kabupaten Meranti), dan MFS (BPK Riau).

“Untuk kebutuhan penyidikan, tersangka akan dilakukan penanganan oleh tim penyidik masing-masing 20 hari. MA dan FN ditahan di Rutan KPK Gedung Merah Putih dan MFA Komdak Jaya Guntur,” ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Sabtu (8/4/2023) selepas tengah malam.

Menurut Alex, sebagai bukti awal kontribusi korupsi, MA telah menerima uang dari sejumlah kasus penemuan ataupun laporan. Hal ini kemudian langsung ditindaklanjuti dan didalami lebih lanjut oleh tim penyidik KPK.

Kemudian dari kegiatan tangkap tangan, diamankan uang sebesar Rp1,7 miliar yang terdiri atas yang diterima auditor muda BPK dan selebihnya diterima dari SKPD dari pemotongan, uang pengganti ataupun uang persedian.

Sebelumnya, KPK menangkap 28 orang yang terdiri dari pejabat strategis di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti dan pihak swasta dalam OTT Bupati Kepulauan Meranti M Adil.  

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut