get app
inews
Aa Read Next : Siapa Kandidat yang Akan Diusung Gerindra di Pilgub Jateng 2024? Ini Jawaban Prabowo

Mengaku Tukang Pijat Gus Dur, Pengamat Sebut Prabowo Bidik Suara Warga NU

Minggu, 30 April 2023 | 00:00 WIB
header img
Prabowo saat ziarah ke makam Gus Dur di komplek pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Foto: MPI

Pengakuan Prabowo pernah menjadi tukang pijat Gus Dur kerap disampaikan dalam kesempatan mengunjungi tokoh NU. Sebagaimana yang pernah dia sampaikan ke KH Irfan Yusuf Hasyim atau Gus Irfan di sela ziarah ke makam Gus Dur di komplek pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur tahun lalu.

Kedekatan Ketua Umum Partai Gerindra yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin itu juga diakui oleh Gus Irfan. Karena kedekatan itulah, mendiang Gus Dur pernah mengucapkan Prabowo akan menjadi presiden.

"Saya mengutip ucapannya Gus Dur, beliau pernah mengatakan Pak Prabowo jadi presiden di usia tua, Insya Allah 2024," tutur salah satu cucu dari pendiri NU KH Hasyim Asyari yang juga keluarga besar Ponpes Tebuireng.

Evaluasi Kekalahan Prabowo di Pilpres 2019

Mukhlas Syarkun menilai kunjungan Prabowo ke sejumlah pesantren menjelang Pemilu 2024 sebagai langkah evaluasi dari strategi yang dia gunakan pada Pemilu sebelumnya.

“Nampaknya itu menjadi evaluasi karena sebelumnya didukung oleh ulama tapi kalah. Karena ulama yang mendukungnya, memiliki pendukung yang minimalis. Tidak seperti ulama di NU,” terangnya.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut