get app
inews
Aa Read Next : Gempa M4,8 Guncang Sumur Banten, Getarannya Terasa hingga Bogor dan Jakarta

Bagaimana Nasib Jakarta setelah Ibu Kota Pindah ke Kalimantan?

Minggu, 30 April 2023 | 08:41 WIB
header img
Jakarta akan bertransformasi menjadi Kota Global sebagai pusat ekonomi dunia pasca ibu kota pindah ke Kalimantan Timur pada 2024. Foto: Istimewa

JAKART, iNewsSemarang.id Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur akan resmi dioperasikan pada tahun 2024. Jakarta sebagai ibu kota saat ini akan diproyeksikan sebagai simpul utama jaringan ekonomi dunia.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan hal itu saat menjadi inspektur upacara pada Peringatan Hari Otonomi Daerah Tahun 2023 di Plaza Selatan Monas, Gambir, Jakarta Pusat.

"Jakarta akan bertransformasi dengan kekhususan menjadi Kota Global yang berfungsi sebagai simpul utama dalam jaringan ekonomi dunia yang memiliki hubungan mengikat dengan kota-kota lain, serta berdampak langsung pada urusan sosial ekonomi global," kata Heru dalam keterangan resminya, Sabtu (29/4/2023).

Heru menegaskan, otonomi daerah di DKI Jakarta harus diupayakan untuk memberikan dampak yang signifikan terhadap pembangunan dan pemerintahan, antara lain peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan partisipasi masyarakat, serta otonom dalam mengatur pajak dan retribusi untuk membiayai berbagai kegiatan pembangunan.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut