get app
inews
Aa Read Next : Kepala BPSDM Kumham: Keilmuan harus Berdampingan dengan Pembudayaan

Taruna Poltekip 54 Ikuti Program Satriya Sancaya Karyadhika di Nusakambangan

Rabu, 10 Mei 2023 | 11:06 WIB
header img
Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Angkatan 54 mengikuti pembukaan program Satriya Sancaya Karyadhika di kawasan khusus pemasyarakatan Pulau Nusakambangan. Foto: Dok. Kanwil Kemenkumham Jateng

CILACAP, iNewsSemarang.id – Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Angkatan 54 akan magang dan Satriya Sancaya Karyadhika di kawasan khusus pemasyarakatan Pulau Nusakambangan.  

Pembukaan program itu digelar di halaman Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar Nusakambangan, Selasa 9 Mei 2023. Satriya Sancaya Karyadhika merupakan upaya meningkatkan kompetensi dan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dengan mempersiapkan alumni Poltekip yang siap bekerja di unit pelaksana teknis (UPT.  

Ini juga merupakan program pemberian tugas profesional untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan kewajiban aturan dan kebenaran. Tujuannya, memberikan pemahaman dan meningkatkan kompetensi alumni Poltekip termasuk untuk melaksanakan revitalisasi Pemasyarakatan.  

Kegiatan ditandai dengan penandatanganan berita acara penyerahan taruna dan penyerahan panji-panji kehormatan dari Kepala BPSDM Hukum dan HAM, Iwan Kurniawan kepada kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Dr. A. Yuspahruddin. 

"Tahun ini ada 310 taruna, mereka akan magang dan Satriya Sancaya Karyadhika selama 6 bulan di sini (Nusakambangan). Ini dalam rangka mendekatkan mereka dari pengetahuan akademik ke pengetahuan praktik," kata Yuspahruddin.

Menurut Kakanwil, dipilihnya "pulau penjara" sebagai lokasi adalah sebuah keniscayaan, karena Nusakambangan merupakan candradimuka Pemasyarakatan Indonesia.

"Nusakambangan itu kalau untuk Pemasyarakatan, dia seperti Mekkah (untuk umat Muslim)," tutur Yuspahruddin.

"Orang Pemasyarakatan baru sempurna pengetahuannya kalo sudah sampai di sini," sambungnya.

Kakanwil menambahkan, di Nusakambangan seluruh proses revitalisasi pemasyarakatan tersedia lengkap, mulai dari super maksimum sekuriti, maksimum, medium hingga minimum sekuriti.

"Nanti mereka akan didistribusikan ke masing-masing UPT berdasarkan program studinya," imbuh Yuspahruddin.

Sebelumnya, Kepala BPSDM Hukum dan HAM Iwan Kurniawan berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kompetensi para taruna.

"Persentase keberhasilan dari program ini tergantung kalian. Bagaimana kalian mampu menerapkan yang telah kalian pelajari di bangku akademik," ujar Iwan dalam sambutannya.

"Harapannya ada ilmu yang didapatkan, ada pengetahuan yang diperoleh, ada keterampilan yang meningkat, itulah sesungguhnya hakekat dari kegiatan magang dan Satriya Sancaya Karyadhika," tambahnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut