get app
inews
Aa
Read Next : Harga Kebutuhan Pokok di Semarang Merangkak Naik: Beras Premium Rp17.000 per Kg

El Nino Datang, Ilmuwan Cemaskan Suhu Ekstrem

Sabtu, 10 Juni 2023 | 12:14 WIB
header img
El Nino dapat menjadikan tahun 2024 sebagai tahun terpanas di dunia. (Foto : Ilustrasi iNews.id)

LONDON, iNewsSemarang.id - Fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normal mulai terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah. Fenomena alam yang dikenal sebagai El Nino itu berpotensi menyebabkan suhu bumi menjadi lebih hangat.

Ilmuwan Amerika Serikat (AS) mengkonfirmasi bahwa fenomena tersebut telah dimulai dan mengatakan, El Nino dapat menjadikan tahun 2024 sebagai tahun terpanas di dunia. Mereka khawatir pemanasan yang terjadi akan menyebabkan suhu dunia melebihi batas pemanasan 1,5 derajat Celcius.

Negara-negara di dunia mencapai kesepakatan di bawah Perjanjian Paris pada tahun 2015 untuk menjaga pemanasan global di bawah 2 derajat Celcius atau sebanyak mungkin 1,5 derajat Celcius dalam waktu lima tahun dibandingkan dengan masa pra-industri.

Seperti dilansir dari BBC, Sabtu (10/6/2023), suhu global berkisar sekitar 1,1 derajat Celcius di atas rata-rata pada periode 1850 hingga 1900.

Fenomena El Nino juga akan mempengaruhi cuaca dunia. Ini berpotensi menyebabkan kekeringan parah di Australia, sementara lebih banyak hujan turun di AS bagian selatan, selain melemahkan musim monsun di India.

Ilmuwan mengatakan El Nino kali ini diprediksi akan berlanjut hingga musim semi tahun depan dengan efeknya yang semakin surut setelah itu.

“Fenomena ini (El Nino) semakin terasa sekarang. Ada tanda-tanda El Nino dalam perkiraan kami selama beberapa bulan terakhir. Namun, sepertinya itu akan mencapai puncaknya akhir tahun ini dalam hal intensitas," kata Kepala Peramalan Jarak Jauh Kantor Met Inggris, Adam Scaife.

“Kemungkinan besar rekor baru untuk suhu global tahun depan. Tergantung intensitas El Nino di akhir tahun," jelasnya

Fenomena alam tersebut merupakan fase fluktuasi terkuat dalam sistem iklim planet Bumi.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut