get app
inews
Aa Read Next : Pemuda Kendal Raih Best Innovation Award Beasiswa Inovasia

Kendal Jadi Pusat Peringatan Harganas Tingkat Jateng, Dico: Kita Berhasil Tekan Stunting

Kamis, 13 Juli 2023 | 18:07 WIB
header img
Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat memberikan sambutan diacara Harganas tingkat Jawa Tengah.(iNews/Agus)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Kabupaten Kendal terpilih sebagai tempat untuk memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat Jawa Tengah pada tahun ini. Peringatan Harganas tingkat Jateng dengan tema Menuju Keluarga Bebas Stunting untuk Indonesia Maju digelar di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Kamis (13/7/2023).

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, di momen Harganas tahun ini dia bertekad untuk memperbaiki kualitas keluarga masyarakat Kabupaten Kendal.

"Kami ingin meningkatkan kualitas keluarga masyarakat Kabupaten Kendal yang kita cintai," katanya.

Dalam kesempatan ini, dia membeberkan keberhasilan dirinya bersama sang istri, Chaca Frederica yang menjabat sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Kendal, sekaligus Duta Stunting Nasional dalam menekan angka stunting.

“Awal tahun 2021 saya mendapatkan angka stunting di Kendal cukup tinggi, namun dari tahun ke tahun kami pemerintah daerah terus berupaya melakukan intervensi guna menurunkan angka stunting, dengan upaya yang kita lakkukan di tahun 2023 per Februari turun cukup jauh di angka 10,9 persen atau lebih rendah dari yang ditetapkan Nasional,” ujar Dico M. Ganinduto.

Berdasarkan keseriusan Pemerintah Kendal dalam mengatasi Stunting, saat ini Kendal masuk dalam nomor urut ke 8 terendah di tingkat Jawa Tengah. Upaya yang telah dilakukan akan terus didorong, hal ini lantaran kasus Stunting menjadi prioritas guna memperbaiki kualitas SDM.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI Hasto Wardoyo menyampaikan, jika BKKBN mengedepankan esensi ‘keluarga bebas stunting’ sebagai substansi tema dalam peringatan Harganas tahun ini, dengan maksud dapat dimanfaatkan sebagai pintu masuk untuk mendekatkan Hari Keluarga Nasional dengan keluarga Indonesia.

“Isu stunting sangat dekat dengan masa depan keluarga dan harus dapat disampaikan dengan cara yang lebih tepat, lebih menyentuh dan lebih memahami sudut pandang khalayak, Hal ini agar mereka menyadari bahwa pentingnya merencanakan keluarga, melaksanakan 1000 hari pertama kehidupan (HPK) bagi pasangan usia subur, dan mengatur jarak kelahiran antara anak yang satu dengan anak berikutnya. Dengan demikian mimpi Indonesia 100 tahun mendatang (tahun 2045) menjadi negara yang memiliki Generasi Emas bisa terwujud,” ujar Hasto Wardoyo.

Pada Kesempatan itu Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menjelaskan, bahwa Jawa Tengah juga menargetkan adanya penurunan Stunting dan masih terdapat 17 Kabupaten/Kota yang memerlukan intervensi intensif.

“Mari kita bergotong royong bersama, seperti apa yang dilakukan oleh Kabupaten Kendal, Kota Semarang dan daerah lain juga yang kini angka stunting mulai turun drastis. Hal ini karena di Jawa tengah masih terdapat 17 Kabupaten/Kota yang perlu kita intervensi secara intensif guna menurunkan stunting,” jelas Taj Yasin Maimoen.

Adapun BKKBN mengedepankan 8 Fungsi Keluarga, di mana fungsi-fungsi ini harus dijalankan oleh suatu keluarga,yaitu fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan.

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut