get app
inews
Aa Read Next : Terungkap! SYL Pernah Beli Lukisan Sujiwo Tejo Rp200 Juta Pakai Uang Kas dan Vendor Kementan

Pasca Bantah Terima 1 Miliar Dollar, Foto Firli - SYL Ngopi Bareng Viral di Medsos

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 16:17 WIB
header img
Foto Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) tengah asyik ngopi sembari ngobrol di sebuah lapangan bulutangkis viral di media sosial. (Foto: IST)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Foto Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) tengah asyik ngopi sembari ngobrol di sebuah lapangan bulutangkis viral di media sosial. Foto tersebut menuai sorotan publik lantaran keduanya kini tengah terseret kasus dugaan pemerasan. 

Firli tampak mengenakan pakaian olahraga baju berwarna biru gradasi dan setelan celana pendek sedang duduk santai sambil menatap ke arah SYL. SYL sendiri tampak mengenakan kemeja lengan pendek bercorak warna hitam dengan setelan celana jeans. SYL juga tampak sedang ngobrol dengan Firli.

Keduanya terlihat berdiskusi di kursi panjang yang terbuat dari semen di pinggir lapangan bulutangkis atau badminton. Namun belum diketahui dengan pasti lapangan badminton mana yang menjadi pertemuan keduanya. Dikabarkan, lokasi gor badminton tempat pertemuan SYL dan Firli berada di kawasan Mangga Besar, Jakarta.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri sudah dihubungi MNC Portal Indonesia ihwal beredarnya foto antara Firli dengan SYL tersebut. Tetapi, belum ada respons dari Ali Fikri. MNC Portal juga sudah berupaya mengonfirmasi Kuasa Hukum SYL, Febri Diansyah, tapi belum juga direspons.

Saat ini Firli Bahuri dan SYL memang sedang menjadi sorotan. Hal itu mencuat setelah SYL diduga terjerat kasus korupsi di KPK. Bukan hanya soal kasus korupsi, nama SYL juga kembali terseret dalam kasus pemerasan. SYL dikabarkan diperas oleh pimpinan KPK.

Dugaan adanya pemerasan itu pertama kali terungkap dari surat panggilan pemeriksaan dari Polda Metro Jaya yang tersebar luas di kalangan wartawan. Surat panggilan polisi tersebut ditujukan kepada Ajudan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), Panji Harianto, dan seorang Sopir bernama Heri.

Dalam surat panggilan polisi tertanggal 25 Agustus 2023 tersebut, keterangan keduanya dibutuhkan untuk kepentingan penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan yang diduga dilakukan oleh pimpinan KPK terkait penanganan perkara di Kementan.

Polda Metro Jaya mengamini sedang menyelidiki dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap Mentan SYL. Hal itu disampaikan Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.

"Perlu kami sampaikan di sini terkait dengan time line upaya penanganan dumas yang diterima oleh Tim penyelidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya," ujarnya, Kamis (5/10/2023).

"Pada tanggal 12 Agustus 2023 tim penyelidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah menerima dumas atau pengaduan masyarakat terkait dengan adanya dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi RI dalam penanganan perkara di Kementerian Pertanian RI Tahun 2021," sambungnya.

Firli juga membantah pernah bertemu orang lain untuk menerima sejumlah uang dalam rangka mengurus kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan). Di mana, pertemuan itu disebut-sebut terjadi di lapangan bulu tangkis.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut