get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo Tawarkan 3 Solusi Kembalikan Independensi KPK, Apa Saja?

Ganjar Pranowo Beberkan Kriteria Cawapres Pendampingnya

Kamis, 12 Oktober 2023 | 11:19 WIB
header img
Ganjar Pranowo. (Foto: IST)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Calon Presiden Ganjar Pranowo hingga kini belum mengumumkan siapa calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Namun, pria berambut putih itu telah membeberkan mengenai ciri karakteristik yang harus dimiliki oleh cawapresnya.

Salah satu ciri penting adalah cawapres harus memiliki visi yang sejalan dengan Ganjar Pranowo. Selain itu, cawapres harus memiliki komitmen untuk terus melanjutkan pembangunan yang telah dimulai oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Tentu bisa bekerja sama, punya visi yang sama," kata Ganjar Pranowo saat jumpa pers, Sabtu (22/4/2023). 

"Ini (pembangunan yang dilakukan Jokowi) mesti kita jaga dan kita lanjutkan,” tambahnya.

Selain itu, Ganjar juga membeberkan bahwa calon wakil presiden yang akan mendampinginya harus bisa melengkapi dirinya, sehingga akan membentuk sinergi yang saling melengkapi ketika memimpin. 

"Kriterianya semuanya sama, semua pasti akan melengkapi," ujar mantan Gubernur Jawa Tengah 2 periode itu. 

Kendati demikian, Ganjar Pranowo juga menegaskan bahwa keputusan akhir tentang cawapres tetap akan melibatkan persetujuan dari Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri setelah berdiskusi dengan parpol koalisi lainnya. 

“Tentunya semua partai nanti akan berkoordinasi bekerja sama, lirik-lirikan, ngobrol ngopi. Bu Ketua Umum (Megawati) sudah menginstruksikan bahwa nanti partai yang akan mengorganisir," ungkap Ganjar Pranowo. 

Dengan demikian, keputusan tentang cawapres akan melibatkan berbagai partai politik yang mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024. 

Mantan orang nomor 1 di Jateng itu juga mengakui bahwa tantangan ke depan tidak akan mudah. Dirinya membutuhkan seorang cawapres yang memiliki kriteria dapat mendukung cita-cita nasional sesuai dengan amanat Pembukaan UUD 1945. Tantangan ini mencakup banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan dalam rangka mewujudkan visi panjang negara. 

"PR kita tidak mudah ya. Pembukaan UUD sebagai visi panjang negeri ini saya kira jauh yang mesti dibereskan," kata Ganjar. 

Nama Cawapres Semakin Mengerucut Diketahui nama-nama mulai dari Mahfud MD, Sandiaga Salahuddin Uno, Ridwan Kamil, Andika Perkasa, hingga baru-baru ini Khofifah Indar Parawansa disebut-sebut masuk menjadi bagian dari bursa cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. 

Nama-nama tersebut bahkan sudah semakin mengerucut kepada Mahfud MD dan Khofifah Indar Parawansa seusai Rakernas IV PDIP yang diselenggarakan pada Sabtu (30/9/2023) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut