get app
inews
Aa Read Next : Kakanwil Kemenkumham Jateng Kontrol Keliling Rutan Banjarnegara

Gelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan, Kakanwil Kemenkumham Jateng Sampaikan Pesan Ini

Selasa, 05 Desember 2023 | 20:05 WIB
header img
Kakanwil Kemenkumham Jateng Tejo Harwanto melantik dan mengambil sumpah jabatan sekaligus sumpah pewarganegaraan di kantornya, Kota Semarang, Selasa (5/12/2023). Foto: Dok

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Sebanyak 17 Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), 4 notaris, 12 anggota majelis pengawas daerah notaris, 3 notaris pengganti, serta 1 orang pewarganegara dilantik dan diambil sumpah oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah Tejo Harwanto, Selasa (5/12/2023).

Berlangsung di Aula Kresna Basudewa Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng, Kakanwil dalam sambutannya memberikan pesan-pesan kepada para peserta pelantikan. Seperti kepada pewarganegara, ia berharap Chan Wan yang kini resmi sebagai WNI untuk patuh hukum, dan menjauhi perbuatan tercela.

Selanjutnya kepada PPNS, Tejo berharap untuk menggiatkan upaya membangun kesadaran hukum masyarakat.

“Lakukanlah penegakan peraturan perundang-undangan yang menjadi kewenangan secara objektif dan berkeadilan,” ujar Tejo.

Selain itu, bagi notaris yang baru maupun sebagai pengganti, ia menekankan mereka wajib berpedoman pada kode etik dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya harap saudara saudari yang telah dilantik baik sebagai notaris maupun sebagai notaris pengganti untuk bertindak dengan cermat dan teliti dalam membuat akta autentik sesuai dengan prosedur,” katanya.

 

Terakhir, kepada majelis pengawas notaris ia berpesan agar aktif melakukan pengawasan terhadap para notaris demi mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran pelaksanaan jabatan dan/atau perilaku notaris.

Hadir dalam pelantikan, Kepala Divisi Administrasi Hajrianor, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Anggiat Ferdinan, saksi, serta pendamping peserta pelantikan.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut