get app
inews
Aa Read Next : Gol Timnas Indonesia U-23 Dianulir Wasit, Pj Gubernur Jateng: Kita Kecewa Keputusan Wasit

Audiensi dengan Pj. Gubernur Jateng, Kakanwil Kemenkumham Bahas Kekayaan Intelektual

Selasa, 21 November 2023 | 19:07 WIB
header img
Kakanwil Kemenkumham Jateng Tejo Harwanto beraudiensi dengan Pj. Gubernur Jateng Nana Sudjana di Gubernuran, Kota Semarang, Selasa (21/11/2023). Foto: Dok. Kanwil Kemenkumham Jateng

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah Tejo Harwanto melakukan audiensi dengan Pj. Gubernur Jateng Nana Sudjana di Kantor Gubernur Jateng, Semarang, Selasa (21/11/2023). 

Pada kesempatan tersebut, Tejo didampingi Kepala Divisi Administrasi Hajrianor dan pejabat administrasi, sementara Pj Gubernur didampingi Kepala Biro Hukum Iwanuddin Iskandar.

Selain dalam rangka perkenalan, dalam kunjungan tersebut Kakanwil berkesempatan menyampaikan tugas dan fungsi (tusi) serta capaian-capaian yang telah diraih bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

"Di Kabupaten Kota kita sudah melakukan langkah-langkah hukum dan HAM, kita punya (kurang lebih) 250 paralegal, nantinya para Lurah dan Kepala Desa menjadi ujung tombak," ujar Tejo mengawali perbincangan.

Kakanwil juga menyampaikan terkait Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia (P2HAM) dan harmonisasi peraturan daerah.

"Pemantapan konsepsi hukum agar peraturan daerah bisa diterima masyarakat melalui harmonisasi," lanjutnya.

Selain masalah hukum di daerah, Kakanwil juga membahas hal yang lebih teknis seperti pengawasan orang asing dan perlindungan Kekayaan Intelektual (KI) bagi para pelaku usaha di Jawa Tengah.

"Kita juga mendukung pelaku ekonomi, ada perlindungan KI, yang melindungi value dari pelaku usaha tersebut, selain itu kami punya Timpora yang melakukan pengawasan terhadap orang asing. Kami sudah menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah dan instansi lain,” kata Tejo. 

"Indikiasi geografis sebagai bagian dari KI akan menjadi motor penggerak di 2024 nanti, salah satunya di Jateng ada Batik Lasem (yang merupakan) gabungan dari seni keanekaragaman, dan ini sudah ada perlindungannya," sambung Tejo. 

Selain itu Kakanwil Tejo juga melaporkan bahwasanya telah terjalin kolaborasi antar Kabupaten Kota dengan jajaran Kumham Jateng terkait penekanan angka TBC di dalam Lapas dan Rutan. Di sana Kumham Jateng dibantu oleh Dinas Kesehatan dan Puskesmas di masing-masing wilayah.

Sebelum menutup audiensi, Tejo meminta support dari Pj Gubernur bahwasanya akan dilakukan pembentukan Gugus Depan Bisnis dan HAM di Jawa Tengah yang mana hal ini menjadi strategi nasional dalam mendorong iklim bisnis yang ramah HAM.

"Dalam waktu dekat ini akan ada kegiatan pembentukan bisnis dan HAM, mohon supportnya dari Pak Pj Gubernur," kata Kakanwil sebelum berpamitan.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut