get app
inews
Aa Read Next : Wisnu Wijaya Dijagokan Maju di Pilkada Karanganyar

Kunker ke Semarang, Wisnu Wijaya Serahkan Bansos Senilai Rp5,8 Triliun

Jum'at, 08 Desember 2023 | 11:26 WIB
header img
Penyerahan bantuan sosial kepada masyarakat di Jawa Tengah.(ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Anggota Komisi VIII DPR RI Wisnu Wijaya beserta Tim Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR RI yang didampingi oleh Kementerian Sosial melakukan Kunjungan Kerja Reses ke Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Tengah, Kamis (7/12/2023). Agenda utama kunjungan kerja (Kunker) ini adalah melakukan penyerahan bantuan sosial kepada masyarakat Jawa Tengah sebesar Rp5,8 Triliun.

Wisnu yang merupakan wakil rakyat dari Dapil Jateng 1 ini mengatakan, diantara bantuan sosial yang diberikan adalah bantuan kewirausahaan yakni Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA), bantuan yatim piatu, bantuan PKH, bantuan alat bantu disabilitas, dan bantuan bagi korban erupsi Merapi.

Wisnu mengatakan, bantuan yang diberikan diharapkan dapat meringankan beban warga yang membutuhkan di dapilnya yang meliputi Kota dan Kabupaten Semarang, Kendal, dan Salatiga. Selain itu, dia menekankan, bantuan yang diberikan tersebut berfokus pada usaha untuk memberdayakan.

“Bantuan PENA ini sifatnya mendidik masyarakat menuju pada kemandirian. Ketika usaha yang dimiliki sudah mandiri dan maju, maka mereka tidak lagi tergantung dengan bantuan harapannya," paparnya.

Anggota DPR Dapil Jateng 1 ini melanjutkan, penyerahan bantuan diawasi langsung Komisi VIII dan dipastikan tidak ada potongan. Selain itu, dalam proses pencairannya para calon penerima manfaat diwajibkan didampingi oleh SDM PKH.

“Tujuan utama dari PENA adalah mendorong graduasi para KPM PKH dari DTKS. Setelah penyerahan bantuan itu, pendamping PKH wajib melakukan asesmen. Pendampingan oleh SDM PKH guna memastikan uang tersebut dibelanjakan sesuai dengan kebutuhan usahanya,” papar legislator dari Dapil Jateng I itu.

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut