get app
inews
Aa Read Next : GP Ansor Temui Presiden Jokowi di Istana Hari Ini, Ada Apa?

778.652 Sertifikat Diterbitkan di Jateng Selama 2023 lewat Program PTSL dan Redistribusi Tanah

Rabu, 03 Januari 2024 | 08:13 WIB
header img
Warga Cilacap memperlihatkan sertifikat tanah yang secara simbolis telah diserahkan oleh Presiden Joko Widodo. (IST)

CILACAP, iNewsSemarang.id – Pemerintah telah menerbitkan sebanyak 778.652 sertifikat untuk tanah bidang tanah di Jawa Tengah selama 2023.  Penertiban sertifikat itu dilakukan melalui program Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan redistribusi tanah. 

Untuk program PTSL telah diterbitkan 775.572 sertipikat. Adapun untuk program redistribusi tanah sebanyak 3.080 sertifikat. 

Di antara 3.080 sertifikat itu, terdapat 997 bidang tanah milik 878 warga hasil dari redistribusi tanah untuk tanah timbul di Desa Ujunggagak, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap. Totalnya seluas 86,14 hektare.

“Redistribusi Tanah ini suatu kebijakan yang strategis untuk mengatasi ketimpangan penguasaan dan kepemilikan tanah bagi petani yang menggantungkan hidupnya di lahan pertanian," kata Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana di sela mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara Penyerahan Sertifikat Tanah di Lapangan Pertamina RU IV, Kabupaten Cilacap, Selasa (2/1/2024).
 
Nana berharap, di tahun-tahun berikutnya seluruh bidang tanah di Jawa Tengah sudah terdaftar, sehingga seluruh masyarakat Jawa Tengah dapat memiliki hak atas tanah yang kuat berupa sertipikat. 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut