get app
inews
Aa Read Next : 758 Atlet Jateng Ikuti 60 Cabor di PON Aceh-Sumut, Ditergetkan Tembus 3 Besar

Resep Mangut Ikan Asap, Hidangan Khas Jawa Tengah Cocok untuk Santapan Makan Siang

Selasa, 30 Januari 2024 | 13:12 WIB
header img
Mangkut ikan asap hidangan khas Jawa Tengah, cocok untuk makan siang. (IG @susie_agung)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Resep mangut ikan asap ini sangat mudah dibuat. Mangut ikan asap merupakan hidangan khas Jawa Tengah yang terbuat dari ikan yang diasapkan dan dicampur dengan bumbu rempah-rempah, seperti cabai, kunyit, dan serai. 

Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan mujair atau ikan lele, tetapi juga bisa menggunakan ikan lainnya. Proses pembuatan mangut ikan asap dimulai dengan mengiris bahan-bahan seperti cabai, bawang merah, dan bawang putih yang kemudian ditumis hingga harum.

Setelah itu, ikan asap yang telah dipotong-potong dicampurkan ke dalam tumisan bumbu, diikuti dengan penambahan air dan santan. Kemudian, masakan ini dididihkan hingga meresap dan matang. Mangut ikan asap memiliki rasa yang kaya akan rempah-rempah dengan aroma asap yang kuat dari ikan yang digunakan. 

Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi hangat dan sayuran sebagai pelengkap. Selain enak, mangut ikan asap juga dapat bertahan lama sehingga sering kali dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan.

Kali ini, jika penasaran ingin mencicipi mangut ikan asap, Anda bisa membuat di rumah dengan resep pilihan. Berikut cara membuat mangut ikan asap. Dirangkum melalui Instagram@susie.agung, Selasa (30/1/2024). 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut