get app
inews
Aa Read Next : 2 Desa di Demak Masih Tergenang Banjir

Perbaikan Darurat Tanggul Sungai Wulan Selesai, Banjir Demak-Kudus Surut

Jum'at, 16 Februari 2024 | 04:23 WIB
header img
Genangan banjir di wilayah Karanganyar Demak berangsur surut. Ketinggian air yang semula 2 meter kini menjadi 80-50 cm. (IG @demakhariini)

JAKARTA, iNewsSemarang.idBanjir yang melanda wilayah Demak-Kudus berangsur surut. Hal itu tak lepas dari upaya perbaikan tanggul jebol Sungai Wulan yang menjadi salah satu penyebab banjir.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan perbaikan darurat titik tanggul Sungai Wulan yang jebol akibat hujan lebat pada 3-5 Februari 2024 selesai.

Tanggul kini tertutup, tinggal menyisakan pekerjaan penebalan atau penambahan tinggi tanggul.

Basuki mengatakan penambahan tinggi tanggul Sungai Wulan akan terus dilakukan. Hal itu untuk mencegah air keluar di atas tanggul Sungai Wulan atau jebol kembali. 

"Sesuai target yang disampaikan Senin lalu (12/2/2024), kedua tanggul yang jebol sudah tertutup semua dalam 3 hari ini.  Sekarang tinggal memperkuat dan meninggikan tanggul, karena diprediksi puncak hujannya masih terus sampai akhir Februari 2024," ujar Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Kamis (15/2/2024).

Dia menjelaskan untuk mengurangi genangan di wilayah terdampak banjir, Kementerian PUPR telah menambah jumlah pompa air dari sebelumnya 12 pompa berkapasitas 5 m3/detik menjadi 22 unit pompa dengan total kapasitas 11,48 m3/detik. 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut