get app
inews
Aa Read Next : 2 Desa di Demak Masih Tergenang Banjir

Senangnya Warga Dinar Tembalang Kini Bisa Tenang karena Tak Lagi Kebanjiran

Kamis, 07 Maret 2024 | 13:10 WIB
header img
Proses pembangunan bronjong di sekitar Perumahan Puri Dinar Indah, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, beberapa waktu lalu. (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Kawasan Perumahan Puri Dinar Indah, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang sedang menjadi perbincangan warganet di media sosial. Pasalnya, permukiman yang terletak di Kelurahan Mateseh, Kecamatan Tembalang itu sudah terbebas dari banjir sejak musim hujan tahun ini.

Pada awal 2023, tanggul Sungai Babon jebol hingga menyebabkan banjir besar di Perumahan Puri Dinar. Peristiwa itu menjadi perhatian serius bagi Pemkot Semarang.

Tercatat sudah lebih setahun, upaya penanganan banjir dapat dirasakan positif oleh masyarakat yang tinggal di perumahan tersebut. Kabar itu terekam lewat video dan menjadi perbincangan warganet di media sosial Instagram.

"Syukur Alhamdulillah bermanfaat karena dulunya tidak ada bronjong, air itu bisa menggerus tanah yang ada di sini, ini dengan adanya bronjong Alhamdulillah air tidak masuk," Kris kata salah satu warga Dinar Indah, Tembalang. "Tapi kami berharap tanggulnya bisa dibangun permanen, jadi mungkin lebih kuat," katanya. 

Kala itu, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu turun langsung dalam penanganan tanggap darurat kebencanaan. Perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut berupaya melakukan penanganan dengan menggandeng beberapa stakeholder.

Salah satunya Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana di bawah kendali Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dibangunlah bronjong sebagai tanggul untuk menahan debit air Sungai Babon.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut