get app
inews
Aa Read Next : 2 Desa di Demak Masih Tergenang Banjir

Atasi Banjir di Kaligawe-Genuk, Normalisasi Kali Tenggang Harus Dipercepat

Selasa, 19 Maret 2024 | 06:11 WIB
header img
Kawasan Kaligawe SemarangTerendam banjir pada Senin (18/3/2024)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mendorong agar normalisasi Kali Tenggang bisa dipercepat. Hal ini agar penanganan banjir di Kaligawe dan Genuk bisa terkendali. 

Mbak Ita, sapaan akrabnya mengatakan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait rencana normalisasi sungai tersebut. Proses normalisasi dari KemenPUPR ini, kini sedang dalam proses lelang. 

“Kalau Trimulyo (wilayah Genuk-red) ada bagian dari Sungai Tenggang. Normalisasi Sungai Tenggang ini kan sedang dilelang BBWS senilai Rp 300 miliar. Lelang ini semoga bisa selesai April atau Mei, sehingga bisa mempercepat proses normalisasi. Kita sudah supporting dengan pembangunan jembatan Nogo Sosro di atas Kali Tenggang," ujar Mbak Ita usai mengikuti Rapat Koordinasi Kesiapan dan Penanganan Bencana di Kantor Pemprov Jateng, Senin (18/3/2024). 

Solusi lainnya yakni pembangunan tanggul tol laut yang saat ini sedang dilakukan Pemerintah Pusat. Nantinya akan ada kolam retensi seluas 250 hektare untuk penampungan air, sehingga diharapkan bisa mengentaskan banjir di Semarang bagian Timur.

“Kita harapkan dengan adanya upaya-upaya yang disupport oleh Kementerian PUPR ini, wilayah di Trimulyo dan wilayah Genuk dan Kelurahan Tambakrejo, Gayamsari, semuanya termasuk Muktiharjo ini bisa terselesaikan,” jelasnya.

Selain itu, Mbak Ita ketika mendampingi Kepala BNPB Suharyanto juga mendapatkan pencerahan terkait relokasi yang bisa dilakukan untuk warga yang kerap terdampak banjir. Relokasi ini bisa dilakukan di lahan milik Pemkot Semarang dan pembangunan rumah bisa menggunakan anggaran dari BNPB.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut