get app
inews
Aa Read Next : DPP PDIP: Jokowi dan Gibran Bukan Lagi Kader Partai

Jokowi Ungkap Penyebab Banjir Demak: Hujan Sangat Ekstrem hingga Sedimentasi Waduk

Jum'at, 22 Maret 2024 | 11:36 WIB
header img
Presiden Jokowi mengungkap biang kerok banjir di Demak usai meninjau lokasi. Hujan sangat ekstrem hingga sedimentasi menjadi penyebabnya. (Foto: Sekretariat Presiden/YouTube)

DEMAK, iNewsSemarang.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan penyebab banjir di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, akibat hujan sangat ekstrem hingga sedimentasi. Fenomena itu mengakibatkan tanggul tergerus hingga jebol. 

“Ya ini memang hujannya sangat ekstrem, karena hujan ekstrem itu 150 milimeter, yang di sini sudah 238 milimeter. Sangat ekstrem sekali. Sehingga tanggul yang ada tidak muat dan menggerus dan jebol tanggulnya,” ungkap Jokowi usai meninjau pengungsian di Demak, Jawa Tengah, Jumat (22/3/2024).

Selain itu, Jokowi mengatakan sedimentasi waduk juga menjadi biang kerok banjir. “Ya semua. Semua waduk, semua sungai itu problemnya selalu sedimentasi,” tutur dia. 

Jokowi mengatakan pembalakan liar hingga alih fungsi lahan juga menjadi penyebab banjir di Demak. Sehingga, tidak ada resapan-resapan air ketika curah hujan dengan intensitas tinggi turun di wilayah Demak.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut