get app
inews
Aa Read Next : Grab Indonesia Kembali Gelar Grab Business Forum, Ini yang Dibahas

Rupiah Melemah, Menkeu Sri Mulyani Ungkap Penyebabnya

Minggu, 21 April 2024 | 07:50 WIB
header img
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. (foto: dok. iNews.id)


JAKARTA, iNewsSemarang.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkap penyebab melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hingga menyentuh Rp16.200. Menkeu menyebut saat ini situasi global sangat memengaruhi perekonomian di Indonesia.

Dia menilai penguatan dolar AS terhadap rupiah akan membuat nilai ekspor lebih baik. Namun, di sisi lain hal ini justru akan berdampak pada impor dan membuat tingkat inflasi naik.

"Saya sampaikan bahwa situasi global yang berkembang saat ini pasti akan berdampak pada perekonomian Indonesia. Di sisi ekspor, penerimaan akan jauh lebih baik dengan nilai tukar dolar yang menguat. Namun, di sisi impor, konversi harga dolar terhadap rupiah akan lebih tinggi dan bisa berdampak pada inflasi di Indonesia," tulis dia di Instagramnya, dikutip Minggu (21/4/2024). 

Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan pemerintah terus mengantisipasi terhadap perkembangan saat ini. Ia pun yakin Indonesia akan selalu resilien dalam situasi tersebut.

Pihaknya akan selalu menjaga stabilitas ekonomi makro dari sisi moneter dan fiskal. Lalu, juga akan berkoordinasi dengan Bank Indonesia (BI) hingga memastikan APBN dimanfaatkan secara efektif. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut