get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo Tawarkan 3 Solusi Kembalikan Independensi KPK, Apa Saja?

Survei Kanigoro Network Pilgub Jateng 2024: Istri Ganjar Pranowo Masuk Bursa Cawagub

Kamis, 20 Juni 2024 | 14:27 WIB
header img
Kanigoro Network melakukan survei elektabilitas tokoh-tokoh berkaitan dengan Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) 2024. (IST)

Dia menilai sosok Taj Yasin yang memiliki background partai politik dari kalangan santri meski punya pengalaman sebagai Wakil Gubernur belum sepenuhnya berhasil menyakinkan publik politik Jawa Tengah jika dihadapkan pada Siti Atikoh yang juga berlatarbelakang kaum Nahdliyin. 

"Faktor ketokohan Ganjar Pranowo yang sangat dominan sebagai Gubernur menjadi salah satu sebab figur Taj Yasin sebagai Wakil Gubernur cenderung tenggelam sehingga publik tidak melihat peran politik Taj Yasin dalam pemerintahan," tegasnya.

Survey elektabilitas yang dilakukan oleh Kanigoro Network pada tanggal 01-15 Juni 2024 di 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah merupakan survey tahap kedua yang sebelumnya dilakukan di bulan Maret 2024. 

Simulasi survey difokuskan pada 8 tokoh yang paling berkapasitas sebagai Calon Gubernur maupun Wakil Gubernur berdasarkan standart kompetensi dan kelayakannya.

Dalam survey kali ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non Probability Purposive Sampling melalui sampel 2.100 responden terpilih dengan kriteria tokoh (stakeholder) yang dapat mempengaruhi pemilih lainnya (advocacy voters) berdasarkan kemampuan dalam melakukan penilaian kompetensi dan kelayakan tokoh figur Calon Gubernur maupun Wakil Gubernur.
 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut