get app
inews
Aa Read Next : Airlangga Klaim Bansos Dirapel Jelang Pemilu karena Alasan Efisiensi Biaya Penyaluran

Pencairan PKH dan BNPT 2022 Dipercepat Hingga Akhir Februari, Segera Cek Data Penerima Bansos!

Rabu, 23 Februari 2022 | 23:15 WIB
header img
Penyaluran bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) dipercepat hingga akhir Februari 2022. Foto: MPI

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Penyaluran bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) dipercepat hingga akhir Februari 2022.

Sebelumnya, menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mempercepat bantuan sosial pada bulan Februari, Menko PMK Muhadjir Efendi telah meminta semua pihak untuk segera menyalurkan bansos di dua minggu terakhir bulan ini.

Dia berharap bantuan untuk PKH bisa tersalurkan ke semua masyarakat sebelum bulan Maret 2022. Penyaluran dilakukan melalui bank Himbara, yakni BNI, BRI, BTN, dan Bank Mandiri.

Sementara itu, data penerima Bansos PKH dapat diakses melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

Simak cara mengecek penerima Bansos PKH seperti berikut:
1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id;
2. Masukkan provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa/kelurahan;
3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP;
4. Masukkan huruf kode yang tertera dalam kotak kode;
5. Jika huruf kode tidak jelas, klik icon refresh sebelah kanan untuk mendapatkan kode baru;
6. Klik tombol cari data.

Sedangkan untuk percepatan bantuan sosial sembako, BNPT, disalurkan melalui PT Pos Indonesia dengan sistem rapel dari Januari hingga Maret 2022, yang penyalurannya dimulai pada tanggal 22 Februari 2022. Pada pencairan bulan ini, penerima bansos sembako akan menerima bantuan senilai Rp 600 ribu sekaligus dalam sekali pencairan.

"Sementara untuk percepatan salur bansos, khusus untuk Program Sembako disalurkan melalui PT Pos rapel Januari-Maret. Salur sembako direncanakan mulai tanggal 22 Februari 2022," tulis keterangan dalam kemenkopmk.go.id pada 17 Februari 2022.

Untuk mengetahui apakah nama anda masuk dalam daftar penerima BNPT tahap ini, bisa mengecek melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. Lengkapi isian yang diminta mulai dari daerah asal beserta nama sesuai KTP.

Ketikkan kode captcha sesuai dengan yang diminta dan klik "CARI". Jika memang terdaftar, data anda akan muncul berupa nama, alamat serta bantuan yang anda terima.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut