get app
inews
Aa Read Next : Banjir Rob akibat Fase Bulan Purnama Menerjang hingga 31 Juli, Pantura Jateng Waspada!

KEMITRAAN dan Pemkot Pekalongan Membumikan Isu Perubahan Iklim ke Anak Muda

Kamis, 08 Agustus 2024 | 14:56 WIB
header img
KEMITRAAN lewat dukungan Adaptation Fund bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan menyelenggarakan Youth Competition Kota Pekalongan 2024. (IST)

Hal senada disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Pekalongan Nur Priyantomo dalam sambutannya di puncak acara Youth Competition Kota Pekalongan 2024 di Hotel Santika, Kota Pekalongan, Rabu (7/8/2024). Ia mengatakan peran anak muda sangat vital dalam membangun ketahanan terhadap perubahan iklim. 

“Ini adalah bukti nyata kita memberdayakan generasi muda berperan aktif dalam menghadapi perubahan iklim. Saya yakin dengan pengetahuan yang kalian (anak muda) miliki, bisa menjadi agen perubahan bagi masyarakat,” ujar Priyantomo.

Ia pun  berharap para peserta Youth Competition Kota Pekalongan 2024 dapat menjadi perpanjangan tangan Pemkot Pekalongan dalam menyadarkan warga untuk menjaga lingkungan. Dengan demikian warga Kota Pekalongan mampu bertransformasi menjadi masyarakat tanggap perubahan iklim.

Direktur Program KEMITRAAN Eka Melisa mengatakan pihaknya terus berkomitmen untuk mendukung Kota Pekalongan dalam beradaptasi di tengah perubahan iklim. Karenanya, KEMITRAAN selalu melibatkan Pemkot Pekalongan dan masyarakat dalam setiap aksi ketahanan iklim. 

“Kalian semua adalah pemenang karena kalian telah berani menuangkan kreativitas dalam membantu menyuarakan pentingnya penanganan perubahan iklim,” ujar Eka.

Untuk diketahui, program Adaptation Fund di Kota Pekalongan telah berlangsung sejak 2021. Dalam perjalanannya, KEMITRAAN bersama Pemkot Pekalongan telah melakukan sejumlah upaya dalam mengatasi perubahan iklim seperti penanaman mangrove untuk mengurangi risiko peningkatan permukaan air laut. KEMITRAAN juga telah membantu pengadaan fasilitas dan sistem urban farming bagi para petani yang kehilangan lahannya akibat terendam rob. 

Selain itu dalam program Adaptation Fund di Kota Pekalongan, KEMITRAAN juga aktif melibatkan masyarakat. Di 8 kelurahan yang terdampak rob, KEMITRAAN melibatkan warganya untuk menjalankan program adaptasi perubahan iklim seperti penanaman mangrove dan urban farming. KEMITRAAN juga aktif melibatkan anak muda Kota Pekalongan dalam aksi-aksi ketahanan iklim untuk membangun kesadaran menjaga lingkungan.


 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut