get app
inews
Aa Read Next : Tips Memilih Sepatu yang Tepat Menurut Patris Official Shoes Indonesia

Waspada! Beredar Jajanan Ilegal asal China Ancam Kesehatan

Jum'at, 09 Agustus 2024 | 14:28 WIB
header img
Makanan ilegal asal China mengancam kesehatan anak-anak (Foto: iStock)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Waspada! Masyarakat diimbau untuk tidak membeli produk makanan dan minuman asal China tanpa izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengancam kesehatan.

Masih ingat dengan kasus di Sukabumi, Jawa Barat, pada Mei 2024? Pada kasus tersebut, sebanyak enam siswa SDN Cidadap I, Kecamatan Sukaraja, mengalami pusing, mual, dan muntah usal membeli makanan ringan asal China bermerek Hot Spicy Latiru dan Latiao Strips. 

Kasus serupa terjadi juga di Kabupaten Indragiri Hilir, Sumatera Selatan. Sebanyak 18 murid mengalami sakit kepala hingga kembung setelah mengonsumsi jajanan permen lunak asal China.  

"Konsumen gak perlu beli makanan atau minuman tidak ada izin edar BPOM," ujar Peneliti YLKI Niti Emiliana dalam keterangannya, Jumat (9/8/2024). 

Dari kejadian tersebut, Niti mengimbau kepada orangtua untuk mengawasi jajanan yang dibeli anaknya. Selain itu, mengonsumsi pangan lokal yang berizin BPOM bisa jadi pilihan yang tepat. "Produk lokal banyak kok yang berkualitas," ujarnya. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut