get app
inews
Aa Read Next : Kisah Perjuangan Pratama Arhan, Dulu Pakai Sepatu Rp25.000 Kini Punya Gaji Rp10 Miliar per Musim

Ribuan Hakim se-Indonesia Mogok Massal Tuntut Kenaikan Gaji, Akan Cuti Bersama pada 7-11 Oktober

Jum'at, 27 September 2024 | 11:32 WIB
header img
Ribuan hakim di seluruh Indonesia akan mogok massal dengan melakukan Gerakan Cuti Bersama se-Indonesia. (ilustrasi)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Ribuan hakim di seluruh Indonesia akan mogok massal dengan melakukan Gerakan Cuti Bersama se-Indonesia. Rencananya, gerakan tersebut akan dilakukan pada 7-11 Oktober 2024. 

Menurut Juru Bicara (Jubir) Solidaritas Hakim Indonesia, Fauzan Arrasyid, gerakan itu merupakan komitmen seluruh hakim untuk memperjuangkan kesejahteraan, independensi, dan kehormatan lembaga peradilan di Indonesia.

"Gerakan Cuti Bersama Hakim Se-Indonesia ini akan dilaksanakan secara serentak oleh ribuan hakim mulai tanggal 7 hingga 11 Oktober 2024," kata Fauzan dalam keterangan tertulis, Jumat (27/9/2024).

Dia mengatakan kesejahteraan hakim belum menjadi prioritas pemerintah selama bertahun-tahun. Padahal, kata dia, hakim merupakan pilar utama penegakan hukum dan keadilan. 

Dia menuturkan, gaji dan tunjangan hakim diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2012 (PP 94/2012). Hingga saat ini, belum ada penyesuaian pendapatan hakim meski inflasi terus terjadi setiap tahun.

"Hal ini membuat gaji dan tunjangan yang ditetapkan 12 tahun lalu menjadi sangat berbeda nilainya dibandingkan dengan kondisi saat ini," katanya.

Ketidakmampuan pemerintah menyesuaikan penghasilan hakim, kata Fauzan, jelas merupakan langkah mundur dan berpotensi mengancam integritas lembaga peradilan. 

"Tanpa kesejahteraan yang memadai, hakim bisa saja rentan terhadap praktik korupsi karena penghasilan mereka tidak mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Apalagi, Mahkamah Agung telah mengeluarkan Putusan Nomor 23 P/HUM/2018 yang secara tegas mengamanatkan perlunya peninjauan ulang pengaturan penggajian hakim," jelasnya.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut