get app
inews
Aa Read Next : Siap-siap, CPNS Fresh Graduate Ditempatkan di IKN Tahun Ini

Anggaran Siap, Angkutan Umum di Ibukota Nusantara Kemungkinan Tanpa Sopir

Minggu, 13 Maret 2022 | 17:17 WIB
header img
Ilustrasi salah satu angkutan umum. (foto: okezone)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Ada yang berbeda dengan sistem tranportasi yang akan diterapkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, nantinya akan dibangun sistem transportasi futuristik. 

Dalam perencanaannya, terdapat salah satu yang menarik perhatian adalah angkutan umum tanpa menggunakan sopir alias otonom (autonomous).  

Hal ini ini diungkapkan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi. 

"Jadi IKN itu seperti arahan pak Presiden. Semua mobilitas basisnya green mobility dan angkutan umum kemungkinan akan menggunakan mobil otonom," katanya saat berkunjung ke Jakarta Auto Week 2022, Sabtu (12/3/2022).  

Budi menjelaskan saat ini pihaknya telah mengkaji rencana tersebut dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyangkut infrastruktur. 

Angkutan umum otonom di IKN nantinya akan berjalan dengan arahan line follower berupa trek garis yang biasa ditemukan di pusat perbelanjaan.  

"Anggaran sudah siap hingga tahun ini dan tahun depan supaya nantinya bisa terwujud, arahan Presiden ini. Tapi untuk pembangunannya belum, kita masih dalam tahap kajian, tapi format untuk pengembangannya sudah kesana," ujarnya. 

Dia menambahkan di IKN, angkutan umum otonom akan diposisikan hirarki tertinggi. Langkah tersebut untuk meminimalkan kendaraan pribadi. 

"Jadi memang semua mobilitas basisnya green mobility dan pergerakan satu kantor dengan kantor lain menggunakan kendaraan umum," kata Budi.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut