Logo Network
Network

Catat, Lulus Seleksi SNMPTN Belum Tentu Aman

Bachtiar Rojab
.
Rabu, 30 Maret 2022 | 12:05 WIB
Catat, Lulus Seleksi SNMPTN Belum Tentu Aman
laman LMPT. foto: tangkapan layar

Semarang. iNewsSemarang.id - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Secara resmi telah umumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Sebanyak 120.643 siswa yang dinyatakan lulus. Namun belum berarti mereka aman, Mengapa?

Meski telah lulus SNMPTN, masih ada tahapan yang harus dilakukan calon mahasiswa ini. mereka wajib melakukan registrasi atau daftar ulang pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang telah ia pilih.

"Segera mengecek jadwal verifikasi data akademik dan registrasi ulang di PTN tempat diterima," ujar Ketua LTMPT Mochamad Ashari di Gedung Kemendikbud Ristek, Selasa (29/3/2022) dikutip Okezone.

Menurut Ashari, mereka yang akan melakukan registrasi ulang sebelumnya harus ditanyakan lulus dan terdata lolos verifikasi akademik sesuai ketentuan kampus yang telah dipilih.

"Dalam verifikasi data akademik, tiap peserta wajib menunjukkan rapor asli, portofolio asli, dan ijazah/Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL) asli, serta memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh PTN masing-masing," ujarnya.

Lanjutnya, peserta wajib secara detail mencermati dokumen registrasi yang diperlukan pihak PTN. 

"Setelah dinyatakan lolos verifikasi dokumen, peserta wajib mencermati syarat, ketentuan, dan jadwal registrasi (daftar ulang) yang dapat dilihat di laman web PTN masing-masing," jelasnya.

Sedangkan bagi peserta Lulus Seleksi SNMPTN 2022 yang mempunyai Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah), selain verifikasi data akademik, juga akan dilakukan verifikasi data ekonomi berdasarkan dokumen dan/atau kunjungan ke alamat tinggal peserta.
Sebelumnya, pengumuman SNMPTN 2022 yang diterbitkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), bisa dilihat pada Selasa, (29/3/2022) pukul 15.00 WIB.

Nilai rapor yang digunakan adalah nilai rapor dari semester 1 sampai semester 5 selama masa belajar 3 tahun di SMA/SMK/MA sederajat.

Lantas, bagaimana cara mengecek pengumuman SNMPTN 2022?

Dilansir dari beragam sumber. Berikut ini cara mengecek SNMPTN 2022

1. Buka laman https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id/ atau laman mirror

2. Log in ke akun menggunakan nomor pendaftaran dan tanggal lahir

3. Maka akan muncul hasil pengumuman SNMPTN.

Jika dinyatakan lolos, peserta bisa lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu melakukan daftar ulang ke perguruan tinggi negeri (PTN) sesuai ketentuan yang tertulis sesuai jadwal.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Bagikan Artikel Ini