get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan: Literasi Pembuktian Al-Qur’an dan Hadits Pada Biologi

Jum'at, 08 April 2022 | 08:45 WIB
header img
Ilustrasi (foto: pixabay)

- Konsep biopori

Konsep biopori (sumur resapan) merupakan langkah bagaimana agar air dapat meresap dalam tanah, sehingga mampu sebagai sumber air nantinya. Konsep ini sudah dilakukan oleh Rasulullah Saw dalam menghasilkan sumber air. Dalam Hadis Rasulullah Saw bersabda: "Barang siapa menggali sumur maka ia berhak 40 hasta sebagai kandang ternaknya." (HR. Ibnu Majah). 

Pada hadis tersebut Rasulullah Saw menjanjikan hadiah khusus bagi siapa saja yang berupaya dan mengusahakan adanya air dengan menggali sumur, maka ia berhak atas sebidang tanah. Karena sumur merupakan sumber air dan kehidupan manusia.

Beberapa literasi tersebut diatas merupakan sebagian kecil ayat Al-Qur’an  dan Hadis sebagai sumber konsep biologi. Makna nilai yang dapat kita tanamkan berupa larangan (tarhib),  janji (targhib) yang disertai dengan bujukan dan membuat senang terhadap sesuatu yang maslahat. 

Selain itu juga memiliki makna amtsal (perumpamaan), hiwar (dialog) serta ibrah (memperjelas) serta keteladanan (uswah). Nilai-nilai tersebut dapat menjadikan penanaman karakter mulia bagi yang mempelajarinya. Semoga kita selaku umat Islam mampu dengan bijak menjadikan Al-Quran dan Hadis sebagai sumber utama dalam mengkaji konsep-konsep biologi.

 
Penulis: Listiono, Dosen Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Walisongo Semarang.

Editor : Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut