get app
inews
Aa
Read Next : Polrestabes Semarang Tangkap Seorang Petani Jaringan Narkoba Freddy Pratama, Sita 1 Kg Sabu

Berat Badan Berlebih Setelah Lebaran Bisa Berakibat Fatal, Begini Cara Mencegahnya

Rabu, 04 Mei 2022 | 12:50 WIB
header img
Berat badan naik setelah lebaran lumrah terjadi karena banyaknya asupan makanan lezat selama berkunjung ke sanak famili. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsSemarang.idBerat badan berlebih atau naik setelah lebaran menjadi hal yang lumrah terjadi. Penyebabnya, banyaknya hindangan lezat khas lebaran yang harus dimakan di setiap berkunjung ke rumah sanak famili.

Belum lagi, setelah satu bulan lamanya berpuasa, kita bisa kembali menikmati makan kapan saja kita mau. Dengan demikian, berat badan pun tidak bisa terkontrol dan bisa berakibat pada penyakit kronis jika tidak segera dicegah.

Lalu, bagaimana cara menurunkan berat badan setelah lebaran? Berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan. Cara menurunkan berat badan setelah Lebaran

1. Memperbanyak konsumsi serat

Sudah menjadi hal umum apabila buah dan sayur merupakan jenis makanan yang selalu dikonsumsi oleh orang diet. Hal ini lantaran buah dan sayur merupakan makanan yang kaya akan kandungan serat.

Selain dapat menurunkan risiko penyakit kronis, serat berguna untuk menjaga kestabilan gula darah yang akan memberikan efek kenyang dalam kurun waktu yang agak lama. Akibatnya, Anda tidak akan mengonsumsi makanan yang berlebihan jika asupan serat telah terpenuhi.

Maka dari itu, beberapa makanan yang mengandung serat, seperti brokoli, tomat, buah naga, buah pir, alpukat, kacang almond, mangga, pepaya, raspberry, kacang merah, hingga kacang polong harus Anda konsumsi setiap hari.

2.    Memperbanyak minum air putih

Selain serat, Anda juga dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi air putih jika ingin menurunkan berat badan. Menurut sebuah penlitian, mengonsumsi air putih dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori.

Semakin banyak kalori yang dibakar, maka berat badan akan semakin menurun. Oleh sebab itu, Anda perlu mengonsumsi air putih 2 liter per hari dengan membaginya menjadi beberapa gelas setiap selesai makan.

Anda juga dianjurkan untuk meminum air putih sebelum mengonsumsi makanan agar menjadi lebih mudah merasa kenyang. Dengan demikian, Anda tidak akan tergiur untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang dapat menaikkan berat badan.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut