get app
inews
Aa Read Next : Ketua KPU Disanksi Bawaslu karena Terbukti Gelembungkan Suara Partai Golkar

Setelah Dekati PKS, Kini PKB Incar 7 Nama Cawapres Pendamping Cak Imin

Senin, 13 Juni 2022 | 17:25 WIB
header img
Nama Muhaimin Iskandar sebagai Capres yang akan diusung PKB pada Pemilu 2024 massif disosialisasikan dalam berbagai kesempatan, salah satunya melalui komunitas pecinta Vespa. Foto: Facebook/CakIminNow

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sedang mengincar sejumlah tokoh untuk diusung menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pemilu 2024. Sementara untuk Capresnya, partai yang identik dengan basis massa pesantren dan nahdliyin ini bertekad mengusung Ketua Umumnya, Muhaimin Iskandar.

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB, Jazilul Fawaid mengungkapkan partainya telah melirik sejumlah kandidat Cawapres untuk mendampingi Cak Imin.

Dia menyebutkan sejumlah tokoh yang telah masuk radar PKB. Mulai dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indarwati, Mendagri Tito Karnavian, Panglima TNI Andika Perkasa, Menteri BUMN Erick Thohir hingga nama Menparekraf Sandiaga Uno.

"Saat ini, PKB sedang menjajaki koalisi dengan sejumlah partai politik (parpol) lain agar bisa mengusung pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres)," ujar Jazilul, Senin (13/6/2022).

Sebab kata dia, PKB yang memiliki sekitar 10 persen kursi di parlemen tidak bisa mengusung calon sendiri. Sehingga diperlukan koalisi untuk sampai pada ambang batas minimal presidential threshold (PT) 20 persen.

Salah satu yang sudah dalam proses pendekatan yakni berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Selain menjajaki koalisi dengan parpol lain, PKB juga sedang menjaring nama-nama potensial untuk diusung sebagai cawapres mendampingi Cak Imin.

"Ya tentu kita mendapatkan masukan dari masyarakat, kita lihat rekam jejak juga karena kita sudah memastikan Gus Muhaimin capres, tentu saatnya kita mencari cawapres," tutur Jazilul Fawaid.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut