Sosialisasi, Mas Vino Jelaskan Pentingnya Implementasikan Empat Pilar

Agus Riyadi
Acara sosialisasi empat pilar di aula kantor Kecamatan Gemuh.(ist)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Mochamad Herviano Widyatama, menjelaskan pentingnya mengimplementasikan empat pilar dalam kehidupan sehari-hari agar tidak mudah terpecah belah. 

Pria yang biasa disapa Mas Vino ini juga mengajak generasi muda sebagai generasi penerus bangsa untuk tetap menjaga keutuhan negara republik Indonesia.

Demikian ini disampaikan Mas Vino saat menggelar sosialisasi empat pilar MPR di aula kantor Kecamatan Gemuh, Minggu (6/11/2022).

Dalam acara yang dihadiri oleh ketua DPC PDI Perjuangan, Suyuti, dan komandate dua dapil V, Nanik Susanti, Mas Vino juga mengajak masyarakat untuk terus saling menghormati, menghargai dan bergotong -royong dan bahu membahu.

Mas Vino juga menjelaskan tentang empat pilar MPR yang meliputi, Pancasila, Undang -undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Pancasila sebagai dasar dan Ideologi negara harus kita camkan bersama,” tegas Vino.

Artinya, menurut Vino , dalam kehidupan sehari-hari, kita harus saling menghormati dan menghargai sesama.

“Dan yang paling penting Pancasila sebagai ideologi negara nilai -nilainya jangan sampai musnah,' ujar Vino.

“Wilayah NKRI yang terbentang dari Sabang sampai Merauke adalah utuh satu kesatuan yang wajib kita pertahankan,” tegas Vino.

Sebagai tanggung jawab sebagai masyarakat, kata Vino, jangan sampai terpecah belah. Dalam menyelesaikan masalah, ajak Vino, mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat.

“Bhinneka Tunggal Ika. Artinya, berbeda-beda tapi tetap satu,” tambah Vino

Menurut Vino, bangsa Indonesia lahir dari berbagai suku, agama, dan adat istiadat. Keberagaman ini, merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang harus dihikmati sebagai sebuah kekuatan bangsa, bukan sebaliknya.

“Bapak dan ibu, mengamalkan nilai-nilai dari 4 pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, ingatlah jatidiri bangsa kita, yakni gotong -royong,” ujar Vino.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kendal, Suyuti, mengucapkan terima kasih kepada mas Vino, yang telah banyak menyalurkan banyak aspirasinya di Kabupaten Kendal.

“Ini bukti perhatian mas Vino ke kami,” tegas Suyuti.

Suyuti menegaskan, Sukarno pernah mengatakan, sebuah bangsa yang merdeka dan berdaulat perlu dan mutlak memiliki tiga hal, yakni berdaulat di bidang politik, berdikari (berdiri di atas kaki sendiri) di bidang ekonomi, dan berkepribadian di bidang kebudayaan. 

“Itu yang yang disebut oleh dengan Trisakti," jelas Suyuti.

Editor : Agus Riyadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network