Kisah Sukses Samsul Huda, Lulusan SMK yang Kini Jadi Asisten Profesor di Okayama University

Puti Aini Yasmin
Samsul Huda, seorang lulusan SMK Negeri 1 Blitar yang kini menjadi asisten profesor di Jepang. Foto : Vokasi Kemdikbud

Gayung bersambut, Samsul akhirnya berhasil melanjutkan pendidikan D4 di Teknik Telekomunikasi, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Di sana, ia aktif mengikuti berbagai perlombaan, bahkan sempat masuk Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Tak puas sampai di situ, Samsul ternyata sangat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang magister. Ia pun ditawari oleh dosennya untuk melanjutkan di kampus yang sama melalui program beasiswa fresh graduate.

Saat menyelesaikan studi S2 Terapan, ia berkesempatan mengikuti program pertukaran pelajar selama 1 bulan. Di sana, ia dipertemukan dengan seorang profesor yang menawari beasiswa doktoral di Okayama University melalui beasiswa MEXT.

Samsul pun mewujudkan mimpinya dengan menempuh pendidikan S3 di Jepang. Di sana, ia terus menjalin hubungan yang baik dengan para profesor hingga pembimbing pendamping.

Setelah sidang disertai, Samsul dinyatakan lulus. Samsul pun inisiatif membuat kartu namanya sendiri dan diberikan kepada para profesor dan pembimbing pendamping yang telah membantunya.

“Saya mulai dengan membuat kartu nama sendiri dan diberikan kepada beliau-beliau. Di Jepang, saling bertukar kartu nama adalah hal yang biasa. Sepulang sekolah, terus keep contact dengan beliau-beliau untuk membangun dan menjaga relasi,” ujar Samsul.

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network