Tingkatkan Produktivitas Warga Binaan, LPP Semarang Gelar Pelatihan Mandiri Bersertifikasi

Eka Setiawan
Pelatihan kemandirian bersertifikasi di Lapas Perempuan Semarang, Senin (6/2/2023). Foto: Ist.

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Sebanyak 40 warga binaan pemasyarakatan (WBP) mengikuti kegiatan pelatihan kemandirian bersertifikasi yang digelar Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA Semarang, Senin (6/2/2023).

Kegiatan berbentuk pelatihan pola baju dan tas. Pelatihan ini merupakan salah satu wujud pembinaan bagi WBP di lapas. Bentuk pelatihan tentu disesuaikan dengan minat atau potensi dari WBP yang ada di sana.

“Diharapkan nantinya bisa jadi bekal ketika mereka sudah bebas, jadi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin agar benar-benar menyerap ilmu yang diberikan para instruktur,” kata Kepala Seksi Kegiatan Kerja (Kasi Giatja) LPP Semarang, Rini Setyowati. 

Instruktur penjahit tas dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Permata, Widyarini berharap besar pelatihan bisa membantu produktivitas WBP. LPK Permata adalah lembaga yang digandeng LPP Semarang untuk pelatihan seperti ini bagi WBP.

“Semoga dengan pelatihan ini dapat membentuk WBP yang andal, bisa terlatih dan terampil, sehingga dapat berperan kembali sebagai anggota masyarakat yang bebas dan bertanggung jawab,” kata Widyarini.

Mereka yang ikut pelatihan berangkat dari WBP berbagai kasus. Setelah mengikuti pelatihan, mereka nantinya akan mendapatkan sertifikat. Harapannya, bisa digunakan untuk salah satunya adalah melamar kerja ketika bebas penjara nanti.

Selain LPK Permata, pada kegiatan itu juga menggandeng Rumah Kebaya untuk instruktur penjahitan pola baju. Perwakilannya, Jimah Sumanti, mengucapkan rasa terima kasih kepada LPP Semarang karena diberikan kesempatan berbagi ilmu kepada warga binaan.  

“Saya harap para WBP ini bisa maksimal mengikuti pelatihan,” ucapnya.

(Mg/Ajeng) 

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network