Unnes Pastikan Jalur Seleksi Mandiri Tak Ditentukan Besaran UKT dan IPI

Ahmad Antoni
Wakil Rektor I Unnes Prof Zaenuri (tengah) menjelaskan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi mandiri, Senin (24/6). (foto: A.Antoni)

Prof Zaenuri menyebutkan besaran biaya kuliah, terutama UKT sudah ditampilkan pada laman resmi Unnes disesuaikan dengan masing-masing prodi sehingga masyarakat bisa mengetahui dan mengakses secara terbuka.

Berdasarkan data yang diunggah di laman resmi Unnes, tercantum besaran UKT yang terbagi dalam tujuh kelompok untuk seluruh program studi, seperti yang tertinggi di Kedokteran, mulai Rp500.000 hingga RpRp22 juta.

Untuk program studi ilmu hukum mulai Rp500.000 hingga Rp6,4 juta, Teknik Mesin mulai Rp500.000 hingga Rp8,25 juta, dan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) mulai Rp500.000 hingga Rp6,4 juta.

"Semua pembiayaan sudah disampaikan di website Unnes. Masyarakat bisa melihat secara lebih teliti dan detail karena masing-masing prodi bisa berbeda. Angkanya bisa dilihat secara terbuka," ujarnya.

Untuk total daya tampung pada tahun ajaran baru, sebut dia, kuota mahasiswa baru Unnes pada tahun ini adalah sebanyak 11.300 orang, atau sama dengan kuota tahun lalu.

"Distribusinya dari SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) dan Seleksi Mandiri 20-30-50. Namun untuk Seleksi Mandiri diambil 49 persen," ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network