Kakanwil Kemenkumham Jateng Hadiri Pembinaan Fisik Taruna Poltekip Pemasyarakatan di Nusakambangan

Eka Setiawan
Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng Tejo Harwanto bersama Taruna Poltekip di Nusakambangan, Cilacap, Rabu (26/6/2024). Foto: Dok

CILACAP, iNewsSemarang.id - Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, tampak lebih berwarna pagi ini, Rabu (26/6/2024). Meski sedikit diselimuti awan mendung, namun nuansanya lebih bergairah.

Penyebabnya adalah kedatangan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Tejo Harwanto, yang telah berdiam di Nusakambangan sehari sebelumnya.

Tak seperti agenda rutin biasanya, kehadiran pria 58 tahun itu di "Pulau Penjara" untuk mendampingi Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Angkatan 55 dalam kegiatan bimbingan fisik.

Jalan pagi menjadi menu utama. Sebelum start pukul 05.30 WIB, Tejo memberikan sedikit instruksi.

"Harus satu komando. Semua mengikuti barisan yang paling depan. Kelompok satu mengikuti kelompok kedua, kedua mengikuti yang ketiga dan seterusnya," tegas Tejo.

"Langkah harus diselaraskan. Kalau yang depan kanan melangkah, berarti yang lain mengikuti, supaya semua seirama. Agar teman-teman yang mampu bisa membawa teman-teman yang tidak mampu. Ketika semua berjalan beriringan, pasti langkah kita semakin ringan," imbuhnya.

Nuansa kekeluargaan begitu kental selama kegiatan berlangsung. Perjalanan dari Komplek Rumah Khusus hingga Pelabuhan Sodong pun tidak terasa.

Kakanwil Kemenkumham Jateng tampak banyak bersenda gurau dengan para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan pejabat yang turut mendampingi. Terlihat juga Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi Pengelolaan Basan dan Keamanan Kemenkumham Jateng, Jefri Purnama.

Rute sepanjang kurang lebih 6 km tersebut akhirnya dilahap dalam jangka waktu 1 jam 10 menit.

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network