Gandeng PT SMF, Pemkot Semarang Terus Upayakan Penanganan Kemiskinan

Arni Sulistiyowati
Pemkot Semarang menggandeng PT SMF terus mengupayakan penanganan kemiskinan. (Foto: Dok)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kota Semarang dalam mengentaskan persoalan kemiskinan di ibu kota Jawa Tengah. Salah satunya bekerja sama dengan PT Sarana Multigriya Finansial (PT SMF) dalam melakukan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) khususnya di kawasan Tambak Lorok, Kecamatan Semarang Utara.

Kerja sama dengan PT. SMF tersebut mencakup Pemanfaatan Data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dan Bantuan rehab RTLH di Kota Semarang. Penandatanganan kerja sama dilakukan pada Sabtu (29/6) lalu bertepatan dengan Kunjungan Kerja Menko PMK ke Kantor Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara untuk meninjau penyaluran Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP).

Pemanfaatan data di bidang perumahan dan permukiman menjadi salah satu pilar kerja sama tersebut. Dengan kolaborasi ini, PT. SMF sebagai perusahaan pembiayaan sekunder perumahan dapat mengolah data tersebut untuk program pembiayaan yang lebih efektif.

Langkah ini diharapkan dapat mengurangi backlog kepemilikan rumah, khususnya bagi masyarakat yang hidup dalam kemiskinan ekstrem. Peningkatan akses terhadap hunian yang layak akan membawa dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

"Ini bisa menjadi stimulus bagi masyarakat di Tanjung Mas khususnya wilayah Tambak Lorok yang saat ini masih ada sepertiga yang membutuhkan penanganan kemiskinan," terang Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu usai penandatanganan kerja sama.

Di Tambak Lorok sendiri sebelumnya telah dicanangkan proyek pengendalian banjir dan rob serta penataan kampung nelayan. Tahap pertama tahun 2016-2017 untuk mengamankan area parkir kapal, tahap kedua tahun 2022-2024 ini untuk mengamankan area pemukiman, fasilitas sosial, dan fasilitas umum yang ada di sekitar Tambak Lorok.

Sementara terkait dengan jumlah RTLH yang akan direhab di Tambak Lorok, perlu dilaksanakan koordinasi lebih lanjut antara Pemkot Semarang, PT SMF, dan juga Kementerian PUPR.

“Alhamdulillah di Kota Semarang kemiskinan ekstrem sudah 0%. Tapi salah satu yang menjadi indikator terkait dengan kemiskinan adalah Rumah Tidak Layak Huni yang mana di wilayah Tambak Lorok ini masih ada rumah-rumah bersertifikat yang memang masih membutuhkan stimulus untuk rehab. Diharapkan nanti dari PT. SMF bersama kementerian bisa memberikan bantuan ini,” ujar Mbak Ita, sapaan akrabnya.

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network