Pertamina Resmikan Bengkel EduPreneur di Mangunharjo Semarang, Begini Fungsinya

Ahmad Antoni
Pertamina meresmikan bengkel Edu Preneur di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang. (Ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Pertamina meresmikan bengkel Edu Preneur di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Rabu (18/9/2024). Hal ini sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina Sahabat Nelayan.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintahan dan Pertamina, di antaranya Dinas Perikanan Kota Semarang, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang, Camat Tugu, Lurah Mangunharjo, dan Kapolsek Tugu dan Danramil Tugu.

Area Manager Communication, Relations, & CSR Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho mengatakan ini merupakan bagian dari pengembangan program Pertamina Sahabat Nelayan yang telah dirintis Pertamina melalui program CSR sejak tahun 2022 yang berada di wilayah Mangunharjo, Kota Semarang.

“Perkembangan bengkel nelayan saat ini tidak hanya ditujukan untuk perbaikan perahu saja tetapi juga untuk sepeda motor, yang harapannya bisa menjadi ekspansi bisnis bagi kelompok. Dimana pelayanan service motor sudah menjadi kebutuhan masyarakat,” kata Brasto.

Berawal dari bangunan bengkel yang hanya berukuran 5x6 meter yang berfokus pada perbaikan perahu nelayan, kini kegiatan yang dilakukan oleh kelompok telah berkembang seperti kegiatan perbaikan sepeda motor, penjualan oli pertamina, usaha cuci motor menggunakan produk sabun ramah lingkugan, serta adanya perluasan bengkel menjadi 14x5 meter.

Pertamina Patra Niaga Regional JBT mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat di antaranya kelompok binaan bengkel edupreneur, Dinas Perikanan Kota Semarang, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang, Kelurahan Mangunharjo, dan masyarakat sekitar karena mendukung keberlanjutan program hingga saat ini. 

Program ini berkolaborasi dengan pemerintah Kota Semarang untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kelompok. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network