Rusia Terkejut, 30.000 Tentara dan 200 Jet Tempur NATO Latihan Perang Dekat Negaranya

Anton Suhartono
30.000 pasukan NATO mengukuti latihan perang di Norwegia (Foto: Reuters)

OSLO, iNewsSemarang.id - Rusia dikabarkan terkejut dengan latihan perang 30.000 tentara, 50 kapal, dan 200 pesawat dari 27 negara anggota NATO yang menggelar latihan perang 'Cold Response' di negara tetangga Rusia, Norwegia. 

Puluhan ribu personel militer dari negara anggota NATO menggelar latihan perang gabungan mulai Senin lalu hingga April mendatang. 

“Latihan ini untuk memastikan bahwa pasukan Norwegia dan sekutu bisa melakukan operasi gabungan yang kompleks dalam iklim yang menuntut dan di bawah situasi intensitas tinggi yang menantang,” bunyi pernyataan Angkatan Bersenjata Norwegia, dikutip dari RT, Jumat (18/3/2022).

Pasukan NATO akan menguji keterampilan mereka bertempur di medan dan cuara ekstrem dan terjal, seperti menghadapi suhu beku di laut dan pegunungan berlapis es. 

Fokus utama latihan ini adalah melatih penempatan personel ke dan dari pantai maka pasukan angkatan laut akan memainkan peran penting.

Latihan perang tersebut digelar untuk membantu sekutu dan mitranya bekerja sama sehingga siap untuk menghadapi situasi apa pun. 

NATO latihan perang ini sudah direncanakan sejak lama, jauh sebelum invasi Rusia ke Ukraina. Oleh karena itu aliansi menolak jika dikaitkan dengan situasi di Ukraina.

“Penting untuk ditekankan bahwa ‘Cold Response 2022’ telah direncanakan jauh sebelum perang di Ukraina. Latihan ini tidak terduga atau mengejutkan pihak berwenang Rusia,” kata Angkatan Bersenjata Norwegia.

Rusia menggelar operasi militer khusus di Ukraina pada 24 Februari menyusul kebuntuan dalam perjanjian Minsk. Beberapa hari sebelum itu, Presiden Vladimir Putin mengakui kemderdekaan dua wilayah Ukraina yang memisahkan diri yakni Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Luhansk (LPR).

Editor : Agus Riyadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network