Sains Ramadhan: Aneka Spesies Tanaman Obat, Warisan Pengetahuan Etnobotani dari Sunan Muria

Moh. Miftahul Arief
Di Kudus ada mitos khasiat buah parijoto dan delima wulung jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika bayinya laki-laki akan sempurna fisiknya. Sedangkan jika bayinya perempauan akan menjadi cantik dan molek. Foto: Ist

TULISAN INI dilatar belakangi oleh kekaguman penulis pada tradisi ziarah makam Wali masyarakat Jawa. Ziarah wali sudah  menjadi ritual dari tahun ketahun pada masyarakat Jawa.

Sebagai kaum pendatang, penulis tidak saja hanya menganggap tradisi ini menarik, tetapi perlu terus dipelihara eksistensinya untuk mengingat jasa para walisongo dalam syiar islam di tanah jawa.   

Jika ibadah puasa merupakan salah satu momentum untuk membersihkan bathin,  Hari Raya Idul Fitri sebagai momentum untuk membersihkan dosa kepada sesama manusia, maka ziarah wali –selain diyakini mendatangkan keberkahan bagi para peziarah- juga dianggap sebagai  prosesi dzikr al maut, sebagai pelengkap ritual untuk menyempurnakan nilai kerohanian, keduniawian maupun  relasi di antara keduanya.  

Salah satu makam yang sangat menarik perhatian penulis adalah makam Sunan Muria di desa Colo. Makam ini terasa spesial karena posisinya berada di puncak Gunung Muria sehingga untuk mencapainya peziarah harus sedikit punya “nyali” agar bisa sampai ke atas. Posisi makam yang berada di ketinggian bisa dicapai dengan menaiki ojek melalui jalan yang terjal dan sempit.

Meski demikian makam ini selalu ramai oleh para peziarah yang menandakan kecintaan yang besar pada sang pemilik makam.

Desa  Colo merupakan sebuah  desa di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Jawa Tengah, tepatnya berada di Gunung Muria.

Hamparan kebun yang begitu luas dan Gunung Muria yang menjulang tinggi, membuat pemandangan terlihat  begitu indah terutama dipagi hari. Desa ini juga menyimpan keanekaragaman hayati melimpah yang didukung oleh adanya hutan alam di desa tersebut.

Editor : Sulhanudin Attar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network