Sains Ramadhan : Meraih Malam Mulia, Lailatul Qadar 

Moh. Miftahul Arief
Saat puasa ramadhan semua berlomba meraih lailatul qadar (foto: pixabay)

Malam lailatul qadar  merupakan  malam yang sangat mulia dimana ampunan, pahala dan Ridlo Allah SWT akan diturunkan kepada hambanya yang terpilih. Dalam hadits disampaikan bahwa : “ Barang siapa yang beribadah pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharapkan pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lampau.” ( HR. Imam Bukhori ).

Imam Al-Ghazali, dalam kitab Ihya Ulumuddin menyebutkan ada lima hal yang bisa dijadikan patokan untuk mengetahui keberadaan lailatul qadar yaitu : Jika hari pertama ramadlan jatuh pada malam Ahad atau Rabu, maka lailatul qadar jatuh pada malam 29 Ramadlan. Jika malam pertama jatuh pada malam Senin, maka lailatul qadar jatuh pada malam 21 Ramadlan. 

Jika malam pertama ramadlan jatuh pada malam kamis, maka lailatul qadar jatuh pada malam 25 ramadlan. Jika malam ramadlan jatuh pada malam sabtu, maka lailatul qadar jatuh pada malam 23 ramadlan.

Jika malam pertama ramadhan jatuh pada malam selasa atau jumat, maka lailatul qadar jatuh pada malam 27 ramadlan. Adapun menurut golongan imam Syafi’i lailatul qadar lebih dekat jatuh pada tanggal 21 dan tanggal 23. Sebagian ulama’ berpendapat juga lailatul qadar jatuh pada pada tanggal 27. 

Editor : Miftahul Arief

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network