Sains Ramadhan : Meraih Malam Mulia, Lailatul Qadar 

Moh. Miftahul Arief
Saat puasa ramadhan semua berlomba meraih lailatul qadar (foto: pixabay)

Apa yang sebaiknya di lakukan agar memperoleh  lailatul qadar ? apakah bila lailatul qadar hadir ia akan menemui setiap orang yang terjaga ( tidak tidur) pada malam kehadirannya itu?  Banyak orang yang beranggapan demikian. 

Akan tetapi menurut Prof Quraish Shihab dalam buku Wawasan Al-Qur’annya, beliau mengatakan itu adalah pendapat yang keliru, karena hal itu dapat berarti bahwa yang memperoleh keistimewaan adalah orang yang terjaga baik yang menyambutnya maupun tidak.

Menurut beliau kebaikan dan kemuliaan yang dihadirkan oleh lailatul qadar tidak mungkin akan diraih oleh orang-orang tertentu saja. Ibaratnya tamu agung yang berkunjung disuatu tempat tidak akan datang menemui setiap orang yang di lokasi itu. Walaupun setiap orang disana mendambakannya. Bukankah ada orang yang sangat rindu atas kedatangan kekasih, namun ternyata sang kekasih tak sudi mampir menemuinya?

Demikian juga dengan lailatul qadar. Itu sebabnya bulan Ramadhan menjadi bulan kehadirannya, karena bulan ini adalah bulan penyucian jiwa, dan juga Rasululloh menduga ia datang pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadlan. 

Editor : Miftahul Arief

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network