get app
inews
Aa Read Next : 10 Keistimewaan Bulan Syaban, Turun Ayat Perintah Sholawat hingga Peristiwa Pindahnya Kiblat

6 Keutamaan Baca Surat Kahfi Tiap Malam Jumat

Kamis, 23 Juni 2022 | 19:16 WIB
header img
Ada keutamaan besar membaca Surah Al Kahfi pada malam dan hari Jumat. (Foto: Freepik)

SEMARANG. iNewsSemarang.id - Malam Jumat adalah malam mulia, banyak amalan yang dapat dilakukan diantaranya membaca Al-Qur’an, semua ayat dari Surat Al Qur'an baik untuk dibaca, terutama Surat Al Kahfi.

Surat yang termasuk dalam golongan surat Makkiyah yaitu diturunkan di Kota Mekkah ini terdapat pada akhir juz 15 dan awal juz 16, 

Dalam surat Al-Kahfi terdapat 110 ayat dan merupakan surat ke-18 dari 114 surat dalam Al Qur'an.

Dalam Al-Fiqh al Wadhih minal Kitab wa al Sunnah, karya Dr Muhammad Bakar Ismail dijelaskan bahwa salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jumat adalah membaca surat Al-Kahfi. 

Meski boleh dibaca setiap hari, namun dibaca pada malam dan hari Jumat memiliki banyak keutamaan. Dianjurkan bahwa sebaiknya surat Al-Kahfi dibaca saat terbenamnya matahari di hari Kamis hingga terbenamnya matahari di hari selanjutnya. 

Keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat ini, di antaranya sebagai berikut: 

1. Terhindar dari fitnah Dajjal 

Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, berkata Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih) 

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bahkan bersabda bahwa jika seorang manusia rajin membaca surat AL-Kahfi tidak hanya di hari Jumat saja, maka dia akan terhindar dari fitnah Dajjal yang keji. Imam Nawawi juga menjelaskan bahwa pada awal-awal surat Al-Kahfi itu tedapat keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah. 

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut